Online shop atau pemasaran online merupakan teknik pemasaran terkini dengan menggunakan sistem digital atau internet. Sedangkan pengertian lain online shop adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual melalui internet atau layanan jual – beli secara online tanpa harus bertatap muka dengan penjual atau pihak pembeli langsung.

Dengan adanya online shop sebenarnya sangat memberikan manfaat kepada masyarakat baik bagi penjual maupun pembeli.

Misalnya, bagi penjual, mereka tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membayar sewa tempat berdagang karena mereka dapat berjualan dari rumah dan bagi pembeli mereka tak perlu repot untuk berbelanja ke supermarket atau toko karena mereka dapat membeli barang yang mereka inginkan lewat platform pemasaran online  terlebih lagi hampir semua e-commerce sudah menerapkan sistem gratis ongkir.

Picture on Erzap

Akan tetapi bagi penjual tentunya mereka menyadari adanya persaingan antar penjual terlebih lagi jika terdapat beberapa situs pemasaran online yang menjual barang yang sama sehingga mereka harus dapat memasarkan barang semurah mungkin agar produk yang mereka jual dapat laku. Namun, sebenarnya memasarkan barang sebaik mungkin hanyalah salah satu strategi yang dilakukan oleh penjual online shop.

Nah, untuk kamu yang sedang menjalani bisnis online shop yuk, intip strategi marketing ini untuk tingkatkan online shop mu agar semakin dilirik oleh konsumen.

1. Tingkatkan Brand Online Shop Mu

Sebagai seorang penjual, kamu juga perlu meningkatkan brand mu di berbagai platform media sosial. Seperti misalnya, kamu sedang berjualan “ Sepatu Olahraga “ nah, kamu dapat memberikan informasi kepada konsumen terkait model sepatu, warna, hingga ukuran produk. Kamu juga dapat memberikan informasi yang bervariatif sehingga konsumen merasa tertarik kepada produk yang sedang kamu pasarkan.

2.  Ciptakan Situs Online Shop yang Berada di Bagian Pertama Mesin Pencarian

Akan ada begitu banyak keuntungan yang kamu dapatkan jika online shop mu berada di bagian pertama mesin pencarian. Caranya, kamu dapat menyewa jasa SEO atau SEM  untuk meningkatkan situs pemasaran online  karena selain kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan baru, kamu dapat meningkatkan citra online shop mu.

3. Tingkatkan Jaringan yang Lebih Luas untuk Online Shop Mu

Dalam point ini kamu dapat meningkatkan strategi marketing online shop mu dengan memperluas jaringan. Misalnya, kamu dapat menjadi sponsor dalam acara perusahaan atau acara lainnya supaya masyarakat luas dapat lebih mengenal produk mu.

4. Pahami Tren dan Platform yang Kamu Gunakan pada Online Shop

Kamu harus selalu up to date dan mengikuti tren yang ada. Selain itu, kamu dapat menggunakan berbagai macam media sosial dan platform e-commerce supaya online shop mu tidak berpaku pada satu hal saja.

Kamu juga harus dapat memahami platform yang kamu gunakan. Seperti misalnya, aplikasi TikTok yang sebenarnya dikhususkan sebagai platform hiburan nah kamu dapat memasarkan produk mu dengan mengunggah video minimal 15 detik dan tentunya harus eye catching supaya para pengguna aplikasi tersebut dapat tertarik dan ingin membelinya.

5. Tetapkan Target

Sebagai pebisnis, langkah awal yang dapat kamu lakukan saat ingin berjualan, kamu harus memiliki target pembeli apakah untuk kalangan anak – anak, remaja, atau orang tua. Jika kamu telah menentukan target pembeli mu, maka kamu akan lebih mudah mendapatkan pembeli. Seperti misalnya baju ala korea yang dapat kamu target kan kepada anak remaja karena biasanya anak remaja menyukai style baju seperti itu dibandingkan kalangan orang tua.

6. Kerja Sama dengan Key Opinion Leader (KOL)

Agar bisnismu dapat lebih dikenal masyarakat kamu dapat melakukan kerja sama dengan KOL atau orang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pembuatan keputusan. Seperti Beauty Vlogger, Food Vlogger, Youtubers, Selebgram, Artis, Influencer dan masih banyak lagi akun – akun media sosial yang dapat kamu ajak untuk bekerja sama guna meningkatkan produk mu.

7. Berikan Layanan Terbaik

Nah, poin terakhir ini tidak kalah penting dengan poin sebelumnya. Terkadang sebagai penjual tentunya kamu memiliki suasana hati yang tidak menentu. Nah, walaupun suasana hatimu sedang tidak baik namun kamu harus tetap professional dan memberikan layanan terbaik kepada konsumen supaya konsumen merasa puas dan ingin berbelanja di online shop mu lagi.