Photo by Boxed Water Is Better on Unsplash
Kemasan suatu produk adalah salah satu faktor penentu dalam keputusan pembelian pada customer.
Dapat dikatakan bahwa kemasan adalah hal yang harus dipikirkan secara matang dari segi desain, informasi, bahan, kualitas, dan kepraktisannya.
Kemasan produk juga dapat mempengaruhi psikologis calon pembeli dalam menentukan keputusan, sehingga penjual harus memahami target market dari produk yang dibuatnya.
Mungkin kamu pernah mendengar bahwa seseorang telah membeli barang karena dari kemasannya yang dianggap lucu, unik, dan menarik?
Ternyata istilah dont judge book by it’s cover dalam sebuah produk harus dipikirkan kembali. Nyatanya dalam setiap kemasan secara tidak langsung dapat memberikan impression atau komunikasi produk pada calon pembeli.
Pembuatan kemasan pada suatu produk selain dapat mencuri perhatian calon pembeli juga dapat menaikan harga jual, lho. Maka dari itu mari kita simak tips agar kemasan produk kamu menarik!
- Pilih Warna yang Tepat pada Kemasan Produk
Photo by Toa Heftiba on Unsplash
Warna akan menjadi dominan dalam kemasan suatu produk. Dominan warna tersebut akan lebih mudah diingat oleh banyak orang sebagai ciri khas produk yang kamu tawarkan.
Setiap warna secara tidak langsung memiliki efek psikologis pada calon pembeli. Sehingga kenali dulu produk yang kamu tawarkan lalu analisis target market yang sesuai.
Misalkan kamu mempunyai produk minuman kopi, dimana suasana coffee shop-mu adalah mature dan classy, maka kamu dapat memberikan warna hitam, emas, atau putih sebagai dominan warna.
Lain halnya jika kamu memiliki produk minuman untuk anak-anak misalnya adalah produk susu. Maka kamu dapat memberikan warna yang terkesan lucu agar anak-anak tertarik untuk meminumnya. Misalnya dengan memberikan warna-warna pastel yang cerah, sehingga menggambarkan suasana yang ceria dan fun.
- Gunakan Desain Sederhana dan Eye Catching
Photo by The Nix Company on Unsplash
Desain yang simpel dan mudah diingat memiliki nilai tambah dalam keestetikaan kemasan produk. Komposisi warna dan desain simpel merupakan perpaduan yang harus dipikirkan secara matang karena dari kemasan menentukan impresi calon pembeli.
Dalam Designer Daily menyatakan bahwa desain yang menonjol adalah desain yang sederhana. Alasan terkuat mengapa membutuhkan desain yang sederhana adalah untuk menciptakan kesan yang lebih eksklusif pada calon pembeli.
- Kemasan dengan Unsur Informatif dan Legalitas
Photo by Gabrielle Henderson
Dalam sebuah kemasan produk, sangat penting untuk penjual mencantumkan informasi produk yang ada di dalamnya. Seperti informasi bahan, cara penggunaan, cara penyimpanan, tanggal kadaluarsa, manfaat, dan informasi lainnya.
Tujuan dari adanya informasi ini adalah untuk memberikan penjelasan kepada calon pembeli terhadap apa yang ada di dalam kemasan tersebut.
Selain itu, pencantuman legalitas dari pemerintahan atau pihak berwenang sangatlah penting untuk sekuritas atau rasa aman pada calon pembeli. Sehingga dengan adanya informasi tersebut calon pembeli tidak bertanya-tanya akan keamanan produk.
Nah, itu dia merupakan 3 tips agar kemasan produk kamu lebih menarik calon pembeli.
Hal ini dapat dijadikan pertimbangan para pelaku usaha produk dalam mempersiapkan kemasan produk yang unik dan menarik.
Baca juga Tips Strategi Marketing Online Shop Kamu!