Dalam dunia marketing tentunya istilah Key Opinion Leader atau KOL tidak asing di telinga. Namun, apakah kamu tahu apa itu Key Opinion Leader?

Key Opinion Leader sendiri adalah seorang yang memiliki keahlian tertentu baik secara pengetahuan maupun kemampuan yang dapat didengar dan memiliki pengaruh yang cukup kuat pada masyarakat luas.

Biasanya Key Opinion Leader atau bisa kita sebut KOL memiliki profesi yang beragam seperti dokter, tokoh politik, chef, ibu rumah tangga dan masih banyak yang lainnya. Berbeda dengan influencer yang aktif di berbagai sosial media, KOL justru lebih aktif di media televisi namun tidak menutup kemungkinan juga aktif di media sosial untuk menyebarkan informasi. 

Contohnya, Dr. Richard Lee, pemilik klinik kecantikan ini selain aktif di televisi beliau juga memaparkan informasi melalui akun Instagram dan channel youtube-nya.

Picture on Youtube Dr. Richard Lee

Jenis – Jenis Key Opinion Leader

  1. Nano influencer: 1000-10.000 followers
  2. Micro-influencer: 10.000-50.000 followers
  3. Mid tier influencer: 50.000-500.000 followers
  4. Macro influencer: 500.000-1.000.000 followers
  5. Mega influencer: lebih dari 1.000.000 followers

Semakin banyak followers atau pengikut yang dimiliki seorang KOL, maka semakin bernilai juga keahlian, kemampuan, dan pengaruh mereka kepada masyarakat luas.

Alasan mengapa perusahaan membutuhkan Key Opinion Leader (KOL) untuk meningkatkan bisnis:

  • Merupakan individu yang dapat membantu penjualan perusahaan

Karena KOL sudah terkenal ahli dalam bidang tertentu, maka mereka dapat menarik perhatian dan meningkatkan brand awareness perusahaan sehingga produk atau jasa tersebut dapat dikenal masyarakat luas dan meningkatkan angka penjualan.

  • Mempunyai keahlian dan kemampuan pada bidang tertentu

Seperti yang sudah dijelaskan, KOL adalah seorang yang memiliki keahlian pada bidang tertentu sehingga mereka dapat memberikan konten atau informasi yang dapat dipercaya oleh masyarakat.

Misalnya seorang dokter kulit yang bekerja sama dengan perusahaan skincare tentunya masyarakat akan mempercayai ucapan dokter kulit tersebut karena memang ia memiliki kemampuan pada bidang tersebut. 

  • Dapat membangun kepercayaan kepada masyarakat luas

Pada dasarnya konsumen akan membeli produk karena kepercayaan mereka kepada seseorang yang kompeten dan sudah terbukti kredibilitasnya. Dengan memilih dan bekerja sama dengan KOL yang tepat tentunya produk atau jasa perusahaan dapat lebih di lihat oleh masyarakat.

  • Dapat membantu menentukan target audience yang ideal

KOL biasanya memiliki pengikut yang lebih spesifik, dengan bekerja sama dengan KOL, maka produk atau jasa perusahaan dapat sesuai dengan market yang ada. Misalnya perusahaan kosmetik dapat memilih Key Opinion Leader yang tertarik dengan bidang kecantikan.

Lalu, gimana cara memilih Key Opinion Leader (KOL)?

Saat ini hampir semua masyarakat pasti menggunakan sosial media. Sebuah perusahaan tentunya harus dapat membangun brand mereka agar lebih dikenal masyarakat luas. Nah, untuk dapat meningkatkan pemasaran yang spesifik maka diperlukan seorang Key Opinion Leader.

Berikut adalah cara memilih KOL yang sesuai guna menaikan brand perusahaan.

1. Kenali Konsumen

Poin ini sangat penting untuk diperhatikan guna meningkatkan brand awareness, dengan mengetahui target konsumen yang akan dituju tentunya perusahaan akan lebih mudah menentukan KOL yang sesuai.

2. Followers atau Pengikut

Jumlah pengikut yang dimiliki oleh seorang Key Opinion Leader tentunya akan sangat berpengaruh terhadap luasnya target masyarakat yang ingin dicapai. Semakin besar pengikut yang dimiliki oleh KOL maka akan semakin besar pula peluang yang dimiliki sebuah brand untuk dapat dikenal masyarakat luas.

3. Engagement

Perusahaan atau orang yang melakukan pemasaran kepada Key Opinion Leader tentunya harus mengetahui seberapa besar pencapaian yang didapatkan, biasanya KOL yang baik, kontennya selalu ramai dengan aksi para pengikutnya. Seperti misalnya terdapat peningkatan angka penjualan yang cukup signifikan.

4. Relevansi Brand

Sebelum melakukan kerja sama, seorang marketing perusahaan tentunya harus mencari tahu terlebih dahulu KOL yang sesuai dengan produk yang akan mereka pasarkan guna meningkatkan brand awareness mereka.

Seperti misalnya, sebuah perusahaan makanan yang ingin memperkenalkan produk baru mereka tentunya mereka harus mencari KOL yang ahli dalam bidang kuliner.

Menarik kan? Nah, apakah kamu sudah atau akan menggunakan KOL untuk meningkatkan brand mu?