Brand awareness atau kesadaran merek adalah kemampuan konsumen dalam mengenal dan mengingat suatu merek, produk, dan jasa. Brand awareness tentunya sangat penting dalam dunia bisnis karena dengan adanya brand awareness yang kuat maka semakin besar pula peluang sebuah perusahaan dapat dikenal konsumen dan mampu bersaing dalam dunia bisnis karena biasanya konsumen gemar membeli produk dengan merek yang dikenalnya.

Sebagai orang yang sedang memiliki usaha tentunya kamu perlu untuk melakukan branding terlebih dahulu. Salah satunya dengan memberikan image yang baik supaya produk mu dapat di ingat dan dikenal oleh masyarakat luas. Seperti misalnya, pada brand “Air Mineral“ tentunya kamu langsung tertuju pada beberapa merek yang tertanam dalam ingatanmu dan ketika kamu ingin membeli air mineral pastinya kamu akan membeli dari beberapa merek tersebut.

Picture on Shopee

Brand Awareness memiliki 4 tingkatan yang akan dilalui para pelaku usaha yaitu:

  • Unaware brand

Tingkatan pertama dimana konsumen belum mengenal brand dan tidak menyadari keberadaan suatu merek

  • Brand recognition atau aided recall

Kemampuan konsumen dalam mengenali suatu produk hanya dengan melihat tampilan visual logo, produk, dan warna yang digunakan.

  • Brand recall

Kemampuan konsumen dalam mengenal dan melihat suatu produk hanya dengan melihatnya secara sekilas. Misalnya, konsumen ingin membeli produk Wafer, tentunya mereka akan membeli produk yang berada di ingatan mereka dan walaupun hanya melihat sekilas mereka sudah tahu itu adalah produk yang mereka cari.

  • Top of mind awareness

Merek atau produk yang langsung berada di ingatan konsumen pertama kali tanpa perlu berpikir lama. Misalnya, brand pasta gigi Odol, dimana bahkan hampir semua orang akan mengingat merek satu ini ketika akan membeli produk pasta gigi.

Setelah melihat tingkatan tersebut, tentunya bukanlah hal yang mudah jika ingin membangun Brand Awareness karena banyak bisnis yang berhenti di tengah jalan karena kurang dilirik masyarakat.

Nah, berikut adalah 5 cara meningkatkan brand awareness agar usahamu dapat lebih dikenal banyak orang!

1. Gunakan Nama, Logo, dan Tagline yang Unik

Kebanyakan orang gemar menggunakan nama yang panjang padahal hal tersebut dapat menyebabkan konsumen kesulitan dalam mengingat suatu brand, nah cobalah untuk memilih nama yang tidak terlalu panjang sehingga mudah di ingat. Selain itu, konsumen cenderung lebih melihat gambar sehingga kamu perlu menciptakan logo yang unik dan berbeda dari pemilik usaha lainnya. Tagline juga penting dalam meningkatkan brand awareness karena tagline yang menarik tentu lebih diingat konsumen contohnya, tagline pada brand tango yaitu “ Berapa Lapis? Ratusan! “ atau pada brand Mcdonald’s yaitu “ I’m Lovin’ it

2. Promosi di iklan konvensional dan media sosial

Dalam meningkatkan brand awareness kamu dapat melakukan promosi di iklan konvensional seperti televisi, radio, papan reklame, spanduk dan lain – lain atau kamu juga dapat menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook dan media sosial lainnya. Semakin sering kamu melakukan promosi iklan maka peluang produk mu di kenal masyarakat akan semakin besar.

3. Melakukan kolaborasi dengan bisnis lain

Lakukanlah kolaborasi dengan perusahaan atau bisnis lain agar produk mu dianggap unik oleh masyarakat. Contohnya kolaborasi antara brand makanan KFC dengan brand kosmetik Dear Me Beauty atau brand air mineral Aqua dengan brand skincare ERHA. Walaupun terlihat bertolak belakang namun produk hasil kolaborasi tersebut ramai dibicarakan masyarakat, lho.

4. Ikut dalam pameran atau event

Membuka stand pada acara pameran ternyata dapat meningkatkan brand awareness. Karena masyarakat yang datang dalam acara pameran tentunya akan melihat produk yang kamu pasarkan dan secara tidak langsung kamu telah menarik orang yang baru pertama kali melihat brand-mu.

5. Optimasi website

Kamu bisa buat website yang dapat menarik perhatian konsumen dengan informasi yang jelas seputar produk atau jasa yang kamu miliki. Karena dengan menggunakan website, konsumen akan lebih mengetahui informasi yang sebelumnya mereka tidak tahu dan tentunya akan membantu konsumen untuk mengenal brand mu dengan lebih baik. Dan satu lagi, optimasi website juga bisa tingkatkan kepercayaan konsumen pada produk kita, lho.