Apa Itu SEM? dan Kenapa Sangat Penting!

SEM illustrasi
ILLUSTRATION

Di era sekarang semuanya serba canggih. Salah satunya adalah dengan kemunculan mesin pencarian, kamu bisa menemukan apa saja yang ingin kamu cari. Sebagai content creator, kita pasti mau dong kalo konten yang kita buat bisa ditemukan oleh mesin pencarian seperti Google, Bing, dkk. Salah satunya adalah menggunakan Search Engine Marketing.

SEM (Search Engine Marketing) merupakan strategi yang cocok buat kamu yang punya bisnis, supaya produkmu muncul di urutan pertama di mesin pencarian.Terus apa bedanya dengan SEO (Search Engine Optimization)?

SEO membutuhkan waktu untuk berbulan bulan untuk muncul di mesin pencarian. Namun, SEM memerlukan waktu beberapa hari atau jam. Cocok buat kamu yang ingin mencari cuan dan eksposur yang cepat!

Terus apa itu SEM? Dan kenapa sangat penting buat kamu? Di artikel ini, Kinaja bakal bahas semua hanya untuk kamu. Check this out!

Apa itu SEM?

Search Engine Marketing adalah salah satu strategi marketing berbayar yang bertujuan untuk meningkatkan performa di mesin pencarian. Banyak sekali para perusahaan besar yang menggunakan strategi ini, contohnya Shopee.

SEM Fitur
SEM Shopee

Cara kerja SEM adalah pengiklan yaitu kita menaruh kata kunci khusus di mesin pencarian. Sehingga website pengiklan (Ads) dapat dilihat oleh para calon klien karena website bisa muncul di halaman pertama di mesin pencarian google. Nah terus cara bayarnya gimana?

Biasanya, biaya yang digelontorkan adalah berdasarkan Pay Per Click (PPC), jadi dihitung berdasarkan banyaknya jumlah-klik yang dilakukan oleh pengguna. Dengan ini biaya yang dikeluarkan bisa lebih transparan dan efektif.

Layanan ini dapat kamu jumpai di semua mesin pencarian, mulai dari Google Ads hingga Bing Ads. Namun, para pengiklan banyak menggunakan mesin pencarian Google, karena merekalah yang menguasai pangsa pasar mesin pencarian, bahkan sampai 92,74%

Lihat postingan kinaja “Tingkatkan Promosi Iklan Lewat Google Ads, Ini Caranya!”

SEM Fitur
Screenshots

Terus, apa bedanya SEM dengan SEO? Tujuan keduanya sama, memunculkan website di mesin pencarian. Namun keduanya memiliki perbedaan. Contohnya, tampilan yang muncul dari penerapan SEM memiliki tanda “Iklan” atau “Ad”. Dan hasil pencarian SEM berada di hasil pencarian paling atas.

Sedangkan hasil pencarian dari SEO tak ada embel-embel iklan di bawahnya. Website dengan SEO akan ditampilkan di bawah website yang menggunakan SEM.

Manfaat SEM 

  1. Jangkau Klien Secara Instan

Search Engine Marketing digunakan untuk menggambarkan iklan pencarian berbayar Google. Strategi ini sering digunakan sebagai strategi jangka pendek yang membawa visibilitas cepat ke produk atau layanan kamu.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Iklan Penelusuran Google memungkinkan pengiklan untuk mengekspos nama merek mereka baik di judul, deskripsi, URL tayangan, atau tautan ekstensi iklan. Oleh karena itu, iklan penelusuran berbayar ini berkontribusi pada kesadaran merek yang tinggi terutama karena sering muncul di bagian atas hasil penelusuran Google.

  1. Iklan Penelusuran Bertarget Geografis

SEM memberikan kamu opsi untuk menargetkan orang berdasarkan lokasi mereka. Kamu dapat membuat iklan dalam berbagai bahasa dan memutuskan di mana kamu ingin menampilkannya; Kamu dapat menentukan negara, kota, dan bahkan wilayah tertentu di mana saja di dunia. Keren bukan?

  1. Kelola Iklan Dengan Mudah Dan Cepat

Google Ads memungkinkan kamu menyiapkan jadwal untuk setiap kampanye dan kamu dapat menjalankan dan menghentikan iklan kapan saja. Juga mudah untuk menyiapkan anggaran dan menentukan kecepatan kinerja kampanye . Ini dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan iklan dan mendatangkan lebih banyak lalu lintas ke bisnis Anda dalam waktu singkat.

  1. Penargetan Efektif

SEM adalah cara yang sangat efektif bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan tertentu berdasarkan niat pencarian mereka. Kamu dapat menampilkan iklan yang bertarget pada konsumen yang menelusuri menggunakan kata kunci yang terkait erat dengan produk atau layanan Anda. Memilih kata kunci yang tepat yang memicu munculnya iklan di mesin pencarian.

  1. Tingkatkan Lalu Lintas Melalui Visibilitas Iklan

Iklan Penelusuran yang Dioptimalkan dapat mengarahkan lalu lintas yang relevan ke situs web karena muncul di bagian atas Search Engine Results PageSERP,. Dengan anggaran iklan yang tepat, penawaran yang dioptimalkan, dan pesan iklan yang menarik, kamu dapat meningkatkan kualitas iklan dan karenanya memastikan visibilitas iklan yang tinggi dan kunjungan situs web yang relevan.

  1. Target Pemirsa Melalui Jenis Pencocokan Kata Kunci

SEM Google membantu kamu untuk menentukan kata kunci paling populer yang digunakan untuk mencari bisnis kamu. Dengan menggunakan kata kunci khusus ini di kampanye bisnis kamu, dapat dipastikan bahwa iklan kamui menjangkau audiens yang tepat. Iklan Google menawarkanmu beberapa jenis pencocokan kata kunci seperti road match, exact match, dll. berdasarkan iklan yang akan ditayangkan kepada pengguna.

  1. Pay Per Action

Setelah iklan pencarian berbayar kamu dibuat, iklan akan muncul secara gratis dan kamu hanya akan membayar ketika seseorang mengklik iklan yang kamu iklankan. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan eksposur gratis dan brand awareness di mesin pencari..

  1. Muncul di Kata Kunci Terkait Pesaing

Sebagai praktik terbaik untuk SEM, disarankan untuk membuat iklan penelusuran yang dipicu untuk muncul di kata kunci terkait pesaing kamu. Ini akan mengamankan eksposur brand kamu pada kata kunci tersebut.

  1. Uji Dan Ukur Kinerja Website

Iklan penelusuran berbayar memberikan kamu kesempatan untuk menguji kinerja iklan dan mengukur hasil yang kamu kumpulkan untuk setiap kampanye. Google Ads dan layanan SEM lain memberikan akses ke data-data penting seperti tayangan, klik, Rasio Klik-Tayang (RKT), kata kunci berkinerja terbaik, dll. Bergantung pada sasaran kampanye, kamu dapat mengevaluasi kinerja dan mengidentifikasi apa yang pada akhirnya perlu kamu optimalkan untuk kinerja yang lebih baik di masa mendatang.

Apakah Worth it?

Well, obviously! Dengan adanya SEM membantu kamu untuk memunculkan hasil pencarian konten produkmu secara cepat. Dengan ini kamu bisa mencari cuan dari strategi marketing ini! Apalagi kamu mengkombinasikannya dengan SEO yang baik.