Photo by RODNAE Productions on Pexels

Brand awareness merupakan hal yang sangat penting bagi setiap bisnis yang ingin sukses. Semakin terkenalnya brand, semakin besar kemungkinan untuk menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan melakukan kolaborasi dengan organisasi non-profit atau kegiatan sosial.

Mengapa Kolaborasi dengan Organisasi Non-Profit atau Kegiatan Sosial Dapat Membangun Brand Awareness?

Kolaborasi dengan organisasi non-profit atau kegiatan sosial dapat membantu meningkatkan brand awareness dengan beberapa cara berikut:

1. Brand awareness untuk meningkatkan Kredibilitas Brand

Photo by Kristian Egelund on Unsplash

Kolaborasi dengan organisasi non-profit atau kegiatan sosial yang memiliki reputasi baik, dapat membantu meningkatkan kredibilitas brand. Hal ini karena organisasi non-profit atau kegiatan sosial sering dianggap sebagai entitas yang memiliki nilai moral yang tinggi dan peduli dengan masyarakat. Tentu saja salah satunya adalah saat kita memutuskan melakukan kolaborasi dengan mereka, brand juga akan dianggap memiliki nilai moral yang sama.

2. Menarik Perhatian Konsumen Potensial

Photo by cottonbro studio on Pexels

Kolaborasi dengan organisasi non-profit dapat membantu menarik perhatian konsumen potensial yang memiliki kesamaan nilai dengan organisasi tersebut. Hal ini karena banyak orang yang tertarik dengan kegiatan sosial yang peduli dengan masyarakat atau lingkungan. Dengan melakukan kolaborasi, brand dapat menjangkau konsumen potensial yang memiliki kesamaan nilai dengan organisasi tersebut. Apalagi kalau NGO tersebut sudah dikenal oleh banyak orang.

3. Meningkatkan Brand Exposure

Photo by Maxime Lebrun on Unsplash

Kolaborasi dengan organisasi non-profit dapat membantu meningkatkan brand exposure dengan cara yang berbeda-beda. Misalnya, brand dapat menyertakan logo mereka pada materi promosi kegiatan sosial. Selain itu, brand juga dapat membuat konten promosi di media sosial atau website mereka yang menginformasikan tentang kolaborasi tersebut. Dengan cara ini, brand dapat menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan brand exposure.

4. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Photo by Lisa Fotios on Pexels

Kolaborasi dengan organisasi tersebut dapat membantu meningkatkan loyalitas konsumen. Hal ini karena konsumen akan lebih cenderung memilih brand yang memiliki nilai moral yang sama dengan mereka. Dengan melakukan kolaborasi, brand dapat menunjukkan komitmen mereka terhadap nilai moral yang sama dengan organisasi tersebut.

Contoh Kolaborasi brand dengan Organisasi Non-Profit atau Kegiatan Sosial

  • Nike dan Livestrong Foundation

Nike berkolaborasi dengan Livestrong Foundation, organisasi non-profit yang mendukung penderita kanker, untuk menghasilkan produk khusus dengan logo Livestrong. Sebagian dari hasil penjualan produk tersebut disumbangkan kepada Livestrong Foundation. Hal ini membantu meningkatkan brand awareness Nike dan juga meningkatkan kredibilitas mereka karena berkolaborasi dengan organisasi non-profit yang terkenal.

  • Coca-Cola dan World Wildlife Fund

Coca-Cola bekerja sama World Wildlife Fund (WWF), organisasi non-profit yang fokus pada konservasi dan perlindungan satwa liar dan habitatnya. Melalui kolaborasi ini, Coca-Cola mempromosikan kampanye “Arctic Home” untuk mendukung perlindungan beruang kutub. Selain itu, Coca-Cola juga menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan minumannya untuk mendukung kampanye tersebut. Hal ini membantu meningkatkan brand awareness Coca-Cola dan juga menunjukkan komitmen mereka terhadap isu lingkungan yang penting.

  • H&M dan Unicef

H&M bekerja sama dengan Unicef, organisasi non-profit yang fokus pada perlindungan anak-anak di seluruh dunia. Melalui kampanye “All for Children”, H&M mendukung program Unicef yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan dan kesehatan anak-anak di Bangladesh dan India. H&M juga menghasilkan produk khusus dengan logo Unicef dan sebagian dari hasil penjualan produk tersebut disumbangkan kepada Unicef. Hal ini membantu meningkatkan brand awareness H&M dan juga menunjukkan komitmen mereka terhadap isu sosial yang penting.

Kesimpulannya adalah kolaborasi dengan organisasi non-profit atau kegiatan sosial dapat membantu meningkatkan brand awareness dengan cara yang positif dan membantu meningkatkan kesadaran tentang isu sosial dan lingkungan yang penting.  —— 

Nah, itu tadi penjelasan dari 4 cara membangun brand awareness, kamu bisa praktikkan ke brand punyamu juga, lho! Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Ayo baca artikel lainnya mengenai branding di link ini, ya! 

REFERENSI:

https://redcomm.co.id/knowledges/5-tips-membangun-brand-awareness-agar-produk-makin-terkenal?readmore=true

https://www.dewaweb.com/blog/brand-awareness/

https://www.skor.id/post/nike-air-max-x-lance-armstrong-perlawanan-penyintas-kanker

https://www.coca-colacompany.com/press-releases/coca-cola-and-wwf-expand-global-partnership