digital marketing snowdrop Korea Selatan
Snowdrop on Disney+ Hotstar

(Awas spoiler) akhir akhir ini warga internet Indonesia sedang berduka karena episode terakhir dari serial drama Korea Selatan yang berjudul “Snowdrop”. Desember lalu, Snowdrop menempati rating terdua tertinggi. Selain itu juga ada serial Korea yang berjudul Squid Game, salah satu worldwide viral sensation yang bikin gencar satu dunia. Digital marketing mereka mungkin telah bekerja sangat keras.

Lalu ada juga film Korea Selatan “Parasite “yang memborong banyak sekali penghargaan internasional. Kamu pasti bingung kan, kok bisa drama Korea Selatan gampang sekali untuk hype? Jawabannya, strategi digital marketing mereka yang canggih!

Kita mengetahui bahwa industri K-drama merupakan industri yang sangat kompetitif disana. Nah, kamu pasti pernah berpikir bagaimana sih para orang marketing mereka kok bisa berhasil memasarkan drama tersebut. Strategi apa saja sih yang mereka gunakan untuk memasarkan produknya. Kali ini kita akan membahas satu-satu strategi mereka.

Iklan Media Sosial

Sweet Home Digital Marketing
Sweet Home, Netflix Series

Biasanya orang korea selesai bekerja saat jam 8 malam. Diantara jam tersebut sampai tengah malam adalah golden time untuk mempromosikan produk melalui media sosial dan YouTube. Waktu tersebut juga merupakan waktu santai mereka, sehingga meningkatkan engagement time mereka.

Menurut riset, orang Korea menghabiskan waktu mereka sekitar satu jam di waktu tersebut. Maka dari itu, inilah kesempatan mereka para orang pemasaran untuk mempromosikan produk mereka pada saat jam tersebut.

Optimasi search engine di NAVER

Naver
Naver, Korea Search Engine

Naver merupakan search engine favorit disana, Namun, bukan berarti mereka tidak menggunakan Google. Naver memiliki nilai-nilai lebih dibandingkan dengan mesin pencarian lain, yaitu hasil pencarian yang lebih organik. 

Dengan ini kamu akan menemukan banyak hasil yang lebih relevan. Selain itu juga Naver memiliki analisis data yang lebih mendalam untuk para pelaku bisnis. Dan juga Naver memiliki fitur Paid Search.

Nah buat kamu yang ingin mempromosikan produk dengan melakukan optimasi SEO dan pencarian promosi melalui search engine di Korea Selatan. Kamu harus menyiapkan budget untuk Naver Search. 

Press Release sebagai sarana distribusi

Digital Marketing, Konferensi pers, Squid Game
Squid Game, Press Conference, Netflix

Banyak para digital marketers sana menyadari bahwa pentingnya Press Release yang baik untuk kebutuhan distribusi. Karena Press release memberikan apa yang kamu lakukan di media yang berbeda-beda. Itu semua berguna untuk meningkatkan exposure atau supaya banyak orang tahu tentang produk.

Selain itu juga press release juga sangat cost-efficient dan sangat vital untuk mempromosikan produk mu. Sehingga seringkali banyak digital marketers menggunakan strategi ini.

Manfaatkan Para Influencer Media Sosial dan YouTube

tvN D ENT, YouTube

Orang Korea Selatan sangat mengandalkan sekali para influencer setiap mereka menggunakan produk, service hingga drama terbaru. Mereka sangatlah mendengarkan orang-orang tersebut, maka para digital marketers menggunakan strategi ini.

Maka, harus juga melakukan riset untuk mencari influencer yang tepat untuk mempromosikan produk.

Tingkatkan Konten Video

Orang Korea sangat suka sekali melihat video melalui smartphone mereka. Maka dari bermain di promosi konten video adalah strategi yang bagus.

Di Korea Selatan memiliki gaya editing video yang khas. Seperti penggunaan teks di dalam video. Selain itu juga penambahan efek suara yang lucu. Kalau kata mereka kiyowo.

Karena konten video akan meningkatkan engagement time dan membuat mereka tetap tertarik. Maka dari itu konten video haruslah menarik dan mobile friendly. Beberapa dari mereka juga melek teknologi.

Akhir Kata

Korea Selatan merupakan negara yang sangat maju di dunia digital marketing. Dengan ini mereka pastinya akan memperbarui strategi mereka untuk memasarkan produk mereka, khususnya K-Drama.  Press release dan Press conference merupakan strategi paling jitu dan tak bisa tergantikan. Namun, tak menutup kemungkinan untuk menggunakan strategi yang lain, untuk meningkatkan target pasar. 

Dan juga strategi-strategi diatas bisa kamu gunakan untuk marketing produk-produk lain. Dan kamu juga bisa meniru strategi-strategi ala para digital marketers disana. Yang penting adalah ketahui target mu!!

Buat kamu yang penasaran dengan konten digital marketing yang lain bisa juga lihat di websiste Kinaja, Marketing