strategi marketing

illustation by Pixabay

Membuat small business atau usaha kecil adalah suatu impian bagi banyak orang saat ini. Namun, ternyata banyak juga orang yang gagal dalam menjalankan bisnisnya. Kenapa banyak sekali orang yang gagal? Ya, banyak orang juga tidak tahu strategi marketing yang cocok untuk usahanya.

Jika kamu ingin membuat usaha dari kecil hingga berskala besar, sebaiknya kamu juga harus memikirkan budgeting-mu, supaya pengeluaranmu lebih terkontrol. 

Nah, di dalam dunia pemasaran ada istilah yang disebut dengan marketing cost. Yaitu biaya yang dikeluarkan untuk menjual produk ke pasar. Perlu dihitung juga, karena marketing cost mempengaruhi nilai jual harga pokok barang. Biaya pemasaran juga merupakan bagian dari strategi marketing lho!

Apalagi dengan kemajuan teknologi, kamu bisa memanfaatkan digital marketing untuk memasarkan produkmu. Bisa melalui media sosial, atau situs e-commerce.

Jadi apa saja sih strategi pemasaran supaya small business-mu laris? berikut 7 tips strategi marketing versi kinaja untuk usaha kecil, cekidot!

1. Branding Branding Branding!!!

Istilah branding sudah sangat lumrah di dunia marketing. Branding diibaratkan sebagai penentu arah produk. Bisa dikatakan the basic kalo kamu mau buka usaha.Identitas brand kamu juga harus jelas, seperti kamu mau jualan apa, maksud dan tujuan kamu mau jualan, persaingan seperti apa di dalam usahamu.

Buatlah supaya konsumen percaya, seperti menunjukkan kelebihan produk dan keunikan atau yang membuat produk-mu berbeda dari yang lain.

Dengan ini trust konsumen kepada produk mu semakin meningkat! Jangan lupa brand awareness supaya masyarakat luas tahu produk apa yang kamu punya!

2. Buat logo menarik untuk small businessmu

logo strategi marketing
big company logo

Logo bisa dikatakan sebagai “wajah” perusahaan atau bisnismu.. Logo yang menarik adalah logo yang bisa menggambarkan perusahaanmu dan juga tidak generic atau terlalu umum.

“Tapi kan buat logo mahal”, Nggak lagi, sekarang kamu bisa meminta freelancer untuk bikin logo dengan harga yang kompetitif! Dengan ini, kamu bisa mendapatkan logo yang bagus dengan harga yang miring. (Jangan suruh teman desainer mu untuk buat logo kalo kamu minta gratis ya!).

3. Perluas brand awareness dengan digital marketing

strategi marketing small business brand awareness
illustration by digital developers

Seringkali para pelaku usaha kecil melupakan hal satu ini karena menganggap usaha mereka belum seberapa. Padahal brand awareness itu penting banget supaya masyarakat luas tahu tentang suatu brand. Dengan kemajuan teknologi dan sekarang semua serba online kamu juga bisa memanfaatkan digital marketing.

Manfaat brand awareness banyak banget lho untuk brand mu. Selain itu juga dengan pengelolaan digital marketing yang baik dapat meningkatkan brand awareness mu di mata masyarakat.

Lihat postingan kinaja “5 Cara Meningkatkan Brand Awareness”

4. Terjun langsung ke masyarakat

Meskipun semua serba online, tapi kamu juga harus terjun langsung ke masyarakat sekaligus juga melakukan soft selling. Selain itu juga, masyarakat akan lebih mengenal produk secara langsung. Kamu juga bisa melakukan kegiatan seperti open house, melakukan kegiatan sosial atau mengikuti bazar atau pameran.

5. Diskon dan promo

Diskon dan promo biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Kamu yang punya usaha kecil juga bisa mengikuti salah satu strategi ini lho! Dengan memberikan diskon dan promo kamu bisa meningkatkan kesetiaan konsumen untuk menggunakan produk mu.

Terapkan sistem membership atau kepada pelanggan yang loyal dengan perusahaanmu. Atau juga kamu bisa lebih kreatif untuk menerapkan promo. Tapi jangan sembarangan kasih diskon dan promo, nanti kalau usahamu bangkrut!

6. Ikuti forum dan seminar kewirausahaan

Selain menambah ilmu dan juga memperluas jangkauan relasimu, kamu bisa melakukan sharing bahkan melakukan kerja sama bisnis. 

Selain itu juga dengan mengikuti seminar kewirausahaan kamu juga bisa bertanya dengan tokoh pelaku bisnis yang lebih mumpuni. Kamu bisa tanya ke mereka dan keluh kesahmu selama menjalankan bisnis.

7. Evaluasi dan melakukan perbaikan strategi marketingmu

Melakukan evaluasi juga merupakan salah satu strategi marketing yang paling penting. Setelah kita merencanakan strategi pemasaran dan melakukannya. Sangat diperlukan untuk melakukan evaluasi, mengapa?

Yang pertama, untuk mengetahui error atau kesalahan di dalam strategimu. Apalagi usaha kecil yang banyak sekali melakukan trial dan error

Contohnya bisnis kamu sedang lesu, maka dari itu kamu perlu melakukan evaluasi untuk mencari apa penyebab penjualan mu menurun.

Memang untuk membangun suatu usaha tidaklah mudah, perlu kerja keras dan ketekunan untuk menjalankannya. Untuk mencapai kesuksesan, kinaja siap bantu kamu kok. kamu bisa hubungi Kinaja.id atau melalui DM Instagram Kinaja_id, Let’s collaborate with us now!