Apakah kamu pernah mendengar istilah social media marketing? Mungkin kata tersebut sudah tak asing lagi untuk kamu dengar karena saat ini hampir semua bisnis menggunakan social media marketing untuk melakukan pemasaran. Banyaknya pengguna sosial media dan kemudahan yang ditawarkan tak heran jika SMM menjadi salah satu teknik marketing yang cukup populer. Namun, sebenarnya apa social media marketing itu? Bagaimana manfaatnya? Dan skill apa saja yang harus kamu miliki? Mari simak artikel ini sampai selesai!
Pengertian Social Media Marketing
Social media marketing atau SMM merupakan sebuah proses pemasaran yang dilakukan lewat media sosial. Misalnya, Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok, dan lain-lain. Strategi promosi bisa berupa artikel, video, maupun foto. Nah, konten yang menarik tentu dapat menarik perhatian masyarakat dan meningkatkan penjualan.
Faktanya, penggunaan social media marketing dalam sebuah bisnis menjadikan pebisnis lebih efektif dalam menjalankan aktivitas pemasarannya.
Selain itu, pelaku bisnis dapat melakukan interaksi dan mendapatkan engagement dengan audiens untuk meningkatkan konversi dan ROI pada SMM.
Manfaat Social Media Marketing
Sumber: canva.com
Meningkatkan brand awareness
Penggunaan social media marketing dalam suatu bisnis tentunya dapat lebih menarik minat masyarakat. Selain itu, jika produk mu sudah dikenal oleh audiens maka akan lebih mudah untuk melakukan penjualan. Selain itu, jika kamu masih menggunakan pemasaran secara tradisional tentunya teknik social media marketing dinilai lebih cepat karena pemasaran menggunakan media sosial dapat menghilangkan batas-batas yang mungkin ada pada promosi offline.
Dapat lebih mudah menyaingi kompetitor
Dengan adanya media sosial kamu bisa mendapatkan informasi seputar kompetitor guna meningkatkan strategi pemasaran. Selain itu kamu juga bisa melakukan analisis terkait metode marketing yang pesaing lakukan dan kamu dapat mengevaluasi apa yang lebih baik dan tidak. Sehingga, ada baiknya jika kamu mencari kompetitor dengan jenis bisnis yang sama supaya lebih mudah dalam meningkatkan penjualan.
Memudahkan dalam mendapatkan feedback
Salah satu masalah yang sering penjual alami adalah tidak dapat mengetahui kekurangan mereka lantaran tidak memiliki feedback dari pembeli karena melakukan pemasaran secara offline. Nah, jika menggunakan SMM kamu dapat secara langsung mengetahui feedback dari para pelanggan. Misalnya, ketika kamu mengeluarkan produk baru maka para konsumen bisa mengeluarkan pendapat mereka secara langsung terkait produk yang kamu jual. Sehingga, kamu dapat mengetahui kelebihan dan kekurangannya.
Lebih menghemat biaya
Pemasaran secara online dengan menggunakan SMM dinilai lebih menghemat biaya karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mencetak brosur, spanduk, atau papan billboard. Disisi lain, jika memakai social media marketing maka kamu akan lebih hemat tenaga dan waktu. Misalnya, kamu dapat fokus pada satu layar dengan beberapa pasar yang dituju.
baca juga: Apa Itu SEM? Pemula Harus Tahu
Skill Social Media Marketing yang Harus Kamu Miliki
Sumber: canva.com
Kreativitas
Calon konsumen biasanya akan lebih tertarik dengan konten yang unik karena lebih mudah untuk mengingatnya. Itulah mengapa kamu memerlukan pemikiran yang kreatif untuk mempersiapkan sebuah konten media sosial. Untuk dapat mengembangkan kreativitas kamu bisa mencoba untuk mencari inspirasi dan ide konten dari brand lain.
Mengikuti perkembangan zaman
Tak dapat kita pungkiri kalau tren akan selalu berubah seiring dengan berkembangnya zaman. Untuk bisa menghasilkan konten yang relevan maka seorang social media marketing harus mampu mengikuti perkembangan yang ada. Karena jika tidak update dengan tren terbaru maka bisa jadi konten yang kamu hasilkan kurang menggaet konsumen. Sehingga, cobalah untuk menciptakan konten yang selalu baru dan tetap sesuai dengan brand mu.
Desain
Media sosial tidak akan pernah terlepas dari konten visual. Karena itu, seorang social media marketing sebaiknya memiliki skill desain. Jika kamu telah memahami desain maka akan lebih mudah untuk menentukan tema atau topik yang ingin kamu buat. Namun, jika kamu tidak mempunyai skill desain, jangan khawatir karena saat ini banyak aplikasi desain yang simple dan bisa digunakan oleh seorang pemula sekalipun dengan hasil layaknya profesional.
Memiliki skill SEO
Saat ini banyak bisnis yang menggunakan teknik SEO untuk meningkatkan marketing mereka. Memiliki pengetahuan tentang SEO tentunya akan sangat mendukung pekerjaan sebagai social media marketing. Dengan mengetahui bagaimana SEO bekerja, kamu akan memiliki indikator-indikator terkait rancangan sebuah konten yang memiliki rating baik di halaman pencarian.
Key Opinion Leader dan Influencer, Sama atau Beda, Sih? Simak Penjelasannya! - Kinaja
[…] Wah, ternyata seperti itu ya perbedaan KOL dan influencer. Nah, kalau menurut kamu jika punya usaha mau menggunakan jasa KOL atau influencer, nih? atau dua-duanya? Semoga informasi ini dapat menambah wawasan mengenai strategi digital marketing, ya! Baca juga Social Media Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Skill yang harus dimiliki […]