Photo by Unsplash

Creative branding? Kenapa harus?

Mari kita lihat kenyataan sekarang, Saat ini untuk menunjukkan bisnis yang kamu punya sangatlah susah. Benar kan? Maka dari itu kamu harus melakukan sesuatu untuk kemajuan bisnis kamu.

Gak peduli seberapa besar bisnis kamu, produk yang ditawarkan. Pelanggan atau konsumen harus tahu produk apa yang kamu jual. Banyak orang mengira bahwa branding cuma bentuk logo doang, Padahal, nggak cuma itu doang, dan lebih kompleks!

Maka dari itu, Kinaja bakal jelasin apa itu creative branding dan mengapa sangatlah penting untuk bisnis kamu.

Jadi, Mengapa Creative Branding sangatlah penting?

Photo by Unsplash

Kalo mau terang-terangan, menjelaskan pentingnya creative branding tidaklah sederhana.

Setelah kamu mulai membaca bagian pengembangan bisnis ini, kamu pasti akan menemukan banyak definisi singkat dan solusi cepat, dan itulah bagaimana kamu akan tahu bahwa yang mereka katakan sebenarnya salah.

Namun, bisa dikatakan tindakan ini adalah bagian penting dari pengembangan bisnis yang kamu punya. Dan Creative branding adalah suatu hal yang krusial.

Bagaimanapun, itulah mengapa perusahaan berkembang; apa pun jenis pasar, mulai dari perusahaan startup hingga perusahaan UKM– branding kreatif sangatlah penting.

Jika kamu ingin perusahaanmu stand out dari yang lain, Kamu harus meluangkan waktu dan sumber daya untuk pengembangan bisnis ini.

Juga, membangun brand  kamu tidaklah mudah, juga tidak bisa dilakukan dengan cepat seperti Roro Jonggrang.

Apa Maksud dan Tujuan Kamu Membangun Brand?

copywriting
Photo by unsplash

Jadi, sebelum kamu mulai memikirkan tentang strategi branding yang ampuh, tanyakan pada diri kamu satu hal – apa arti sebenarnya dari menciptakan brand kamu dari awal? Dengan ini kamu bakal menemukan titik terang seperti apa strategi creative branding yang kamu butuhkan.

Jika kamu belum banyak berurusan dengan aspek pemasaran produk atau layanan ini, mudah untuk membingungkan merek yang kamu punya dengan logo.

Tentu, ini adalah kontak pertama yang dimiliki pelanggan dan klien kamu dengan perusahaan dan, dalam banyak hal, ini identik dengan perusahaan kamu secara keseluruhan.

Ketika kita ngomongin tentang branding, bukan cuma image perusahaan yang jadi taruhan. Tetapi banyak hal, perlu diteliti lebih lagi untuk menemukan pola branding yang lebih strategis.

Brand mu adalah Citra Perusahaan

Desain
photo by unsplash

Yups, brand sangatlah serius dan gak bisa dibuat main-main. Inilah mengapa kita perlu memikirkannya matang-matang. Mari kita memakai metafora, saat kita bertemu pertama kali dengan seseorang pasti kita memberikan impresi, baik itu positif dan negatif. Itu karena kepribadian yang mereka punya pastinya. Sama seperti branding, cara kerjanya seperti itu.

Selain itu, kepribadian ini secara dramatis memengaruhi cara pelanggan memandang bisnis ini dan apa yang ditawarkannya.

Jadi, sebagai pemilik bisnis, kamu ingin membentuk kepribadian perusahaan ini dengan cermat, untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin. Dan creative branding adalah salah satu strategi untuk membangunnya.

First Impression Is Really Really Important!

Tentu saja, menganalisis merek yang sudah terkenal itu mudah. Namun, jika kamu memulai melakukan terobosan di pasar yang kamu geluti, dari mana kamu memulai?

Jadi, kamu mungkin tahu pepatah –” jangan menilai buku dari sampulnya” Yah, jangan munafik, kenyataannya  orang-orang melakukannya setiap saat!!!

Inilah sebabnya mengapa perusahaan yang baru saja memasuki branding kreatif perlu tahu – kesan pertama yang kamu buat pada pelanggan adalah segalanya.

Itulah mengapa jasa desain grafis akhir-akhir ini semakin mendapat perhatian; kamu ingin langsung membuat kesan yang baik.

Juga, kamu perlu menyadari fakta penting lainnya – tidak hanya hubungan pelanggan yang terhubung dengan branding, tetapi branding juga terhubung dengan pelanggan/audience. Di era internet yang serba instan, kamu harus berjuang untuk setiap pelanggan demi ulasan mereka terhadap perusahaanmu.

Buatlah brand untuk lebih gampang dikenal, niscaya pelanggan bakal lebih tertarik untuk menggunakan brand kamu.

Orang-Orang Bakal Bekerja Sama

photo by istock

Bahkan jika kamu telah berinvestasi di cabang yang kamu minati; secara manusiawi tidak mungkin kamu menjadi satu-satunya pencari nafkah di perusahaan. Agar perusahaan bergerak melampaui bisnis lokal, kecil, dan milik keluarga, kamu harus mempekerjakan karyawan.

Sekarang, mengapa seorang profesional yang sangat terlatih bekerja untuk kamu ketika mereka biasanya terkubur dalam tawaran yang datang dari seluruh dunia? Sebenarnya, mereka tidak akan melakukannya, bahkan jika kamu membuat tawaran yang tak tertahankan.

Satu-satunya hal yang dapat memikat seseorang dengan pengalaman dan keahlian untuk bekerja untuk Anda adalah visi. Visi bisnis yang sukses dan berkembang, yang tidak dapat kamu miliki tanpa pelanggan.

Pelanggan tertarik pada perusahaan yang dapat dikenali, dan perusahaan yang dapat dikenali dengan branding yang kreatif.

Kesimpulannya yang kita bisa dapat bahwa kita tidak dapat memiliki bisnis yang sukses tanpa creative branding yang gokil!