CRM atau Customer Relationship Manager adalah salah satu komponen terpenting untuk mencapai kesuksesan sebuah bisnis atau perusahaan. Bagaimana tidak, sebuah perusahaan pasti membutuhkan pelanggan, dan memiliki pelanggan yang selalu baru dan loyal tentunya merupakan aset yang paling berharga.

Seiring berkembangnya teknologi, pengelolaan hubungan customer kini dilakukan melalui software. Hal ini tentunya sangat menguntungkan perusahaan karena mereka dapat membangun hubungan dengan menginklusi seluruh pelanggannya terlepas dari area dan lokasi yang berbeda. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai strategi manajemen ini, simak artikel berikut, ya!

Apa itu CRM?

Dikutip dari barantum.com CRM adalah strategi bisnis yang dilakukan untuk menjaga hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Strategi ini dilakukan perusahaan dengan cara mengumpulkan informasi dan data para customer untuk mengetahui karakteristik mereka. Seperti yang telah disebutkan, strategi manajemen ini menggunakan software khusus. Adapun beberapa software yang paling sering digunakan adalah Zoho, Salesforce, Pipedrive, dan Bitrix24. 

Adapun CRM dapat digunakan melalui media berikut:

1. Website

Salah satu penerapan strategi manajemen hubungan pelanggan dalam website adalah dengan menyisipkan form atau kuisioner pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan feedback untuk meningkatkan kualitas dan performa perusahaan.

2. Email

Selain website, memberikan opsi berlangganan newsletter sangat berguna bagi pelanggan agar mereka dapat tetap update dengan perusahaan kamu, misalnya informasi mengenai promo, barang terbaru, diskon akhir tahun, dan lain-lain.

3. Aplikasi

Agar tetap terhubung dengan pelanggan, sebuah aplikasi menggunakan sistem rating dan kolom komentar. Dengan begitu, perusahaan akan tahu komponen apa saja yang perlu diperbaiki dan apa saja yang sudah baik.

Apa Saja Fungsi CRM?

Photo by Lukas Blazek on Unsplash

Dikutip dari sekawanmedia.co.id, terdapat beberapa fungsi dari manajemen hubungan pelanggan, yaitu:

1. Mengetahui hal-hal yang dibutuhkan pelanggan

Ungkapan “pelanggan adalah raja” tentu saja harus menjadi panutan sebuah perusahaan atau bisnis jika ingin mencapai kesuksesan. Nah, dengan mengetahui karakteristik dan hal-hal yang dibutuhkan pelanggan, sebuah perusahaan bisa semakin meningkatkan loyalitas para pelanggannya. Misalnya, seorang pelanggan sangat menyukai sepatu olahraga dan ingin perusahaanmu untuk memperbanyak official store sepatu-sepatu terkenal dengan mengisi form di website. Dengan mengetahui minat mereka, perusahaanmu bisa segera mempertimbangkan feedback tersebut untuk segera diimplementasi agar para customer tetap setia.

2. Menampung kritik dan saran para pelanggan

Adanya masukan dari para customer bisa membantu perusahaan untuk berintrospeksi dan menemukan solusi agar tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.

3. Membangun proses pelayanan pelanggan secara maksimal

CRM sangat membantu perusahaan untuk tetap terhubung dengan para customer. Karenanya, penggunaan sistem dan software CRM sangat dibutuhkan agar pelayanan pelanggan dapat dilakukan secara menyeluruh.

Apa Saja Manfaat CRM?

Menerapkan CRM tentu saja dapat mendatangkan berbagai manfaat bagi perusahaan atau bisnis. Dikutip dari info.populix.co, inilah beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan pendapatan perusahaan

Strategi ini dapat memudahkan proses designing dan marketing. Proses tersebut nantinya tidak akan memakan waktu dan biaya yang banyak sehingga dapat meningkatkan keuntungan. 
Selain itu, kemampuan perusahaan untuk terus engage dengan customer dan terbuka akan saran-saran juga dapat mendatangkan keuntungan sebab nantinya bisa mengundang pelanggan-pelanggan baru untuk memakai jasa perusahaanmu.

2. Memunculkan brand loyalty

Dengan perusahaanmu menjadi terbuka dan selalu membanngun hubungan dengan pelanggan, mereka akan merasa hanya perusahaanmulah yang dapat mengerti mereka. Nah, adanya pelanggan yang merasa puas dan selalu kembali inilah yang disebut sebagai brand loyalty. Jika kamu bisa memiliki banyak pelanggan yang setia, maka dapat dikatakan brand loyalty mu sangat baik.

3. Workflow lebih efisien

Jika proses CRM berjalan dengan baik, maka proses pekerjaan setiap divisi akan menjadi lebih lancar. Contohnya, divisi marketing tentunya akan mudah mengeksekusi rencana pemasaran bila terdapat acuan CRM-nya.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan manfaat CRM. Jika perusahaanmu masih belum menerapkan strategi ini, yuk segera terapkan karena memiliki manfaat yang bagus untuk perusahaan. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan strategi jitu untuk small business dengan membaca artikel ini