Pernahkah kamu melihat sebuah iklan yang muncul pada halaman website google? Nah, tahukah kamu bahwa iklan tersebut adalah google ads.

Biasanya perusahaan menggunakan google ads untuk meningkatkan penjualan mereka. Namun sebenarnya, apakah itu google ads? Dan bagaimana cara menggunakannya untuk meningkatkan bisnis? Yuk, kita simak!

Picture by Tri Hutama

Google ads atau google adwords merupakan sebuah iklan berbayar yang akan muncul pada laman google. Dengan menggunakan google ads, kamu dapat menampilkan iklan mu pada hasil pencarian google untuk kata kunci tertentu yang sesuai dengan usahamu dan iklan tersebut akan muncul pada posisi teratas di pencarian google dan menjadikan usahamu semakin dikenal banyak orang. Melansir search engine market sebesar 97,46% pengguna internet di Indonesia menggunakan google. Sehingga tak heran banyak bisnis menggunakan google ads untuk meningkatkan bisnis mereka. 

Keuntungan Menggunakan Google Ads

Berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan google ads pada bisnismu.

  1. Target audience lebih spesifik

Target audience di google ads dapat kamu sesuaikan sesuai dengan kebutuhan mu. Iklan yang kamu pasangkan pada laman google dapat dijangkau luas ke seluruh penjuru baik dalam maupun luar negeri dan kamu bisa mempersempit jangkauan lokasi iklan sehingga target audience mu lebih spesifik.

Kamu juga dapat mengatur iklan untuk tampil pada perangkat apa saja dan mengatur waktu munculnya iklan misalnya, kamu ingin agar bisnismu ramai pada siang hari nah, kamu dapat menampilkan iklan pada pukul 12.00 siang.

  1. Meningkatkan brand awareness

Semakin sering bisnismu muncul pada halaman google, maka peluang bisnismu dikenal banyak orang akan semakin besar tentunya hal tersebut dapat meningkatkan brand awareness-mu terhadap pengguna google. 

  1. Biaya yang minim

Sebagian orang enggan melakukan promosi iklan menggunakan google lantaran khawatir terhadap biaya yang akan mereka keluarkan. Padahal mereka dapat memasarkan iklan menggunakan biaya yang minim yaitu dengan estimasi sebesar Rp.300.000,- / bulan dengan target seluruh Indonesia.

Biaya yang kamu keluarkan bisa jadi lebih sedikit karena biaya tersebut baru estimasi karena google menerapkan pay per click sehingga kamu hanya membayar iklan jika target audience membuka iklan mu.

  1. Program iklan yang fleksibel

Pebisnis pemula hingga perusahaan besar dapat menggunakan google ads untuk meningkatkan performa penjualan karena google ads kompatibel dengan berbagai platform pemasaran lain. Selain itu, kamu juga dapat mengelola budget iklan dalam hitungan hari serta membatasi jumlah yang mau kamu keluarkan sehingga arus pengeluaran akan lebih mudah dikendalikan.

Cara Optimasi Google Ads

  1. Buka dan buat akun google

Picture by Niagahoster

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun google. Kamu dapat menggunakan akun google mu yang sudah ada atau membuatnya yang baru.

  1. Pilih goal

Setelah kamu login kamu akan diminta untuk memilih goal dari iklanmu. Akan ada tiga pilihan sehingga kamu dapat memilih salah satu yang cocok dengan usahamu.

Picture by niagahoster 

  1. Pilih jangkauan lokasi dan kategori

Selanjutnya, kamu dapat memilih jangkauan lokasi yang ingin kamu targetkan. Kamu bebas memilih apakah iklan mu ingin dijangkau oleh negara Indonesia atau negara luar. 

Bukan hanya itu saja, kamu dapat mempersempit jangkauan lokasi seperti misalnya kamu ingin iklan mu terlihat oleh pengunjung google kawasan jakarta dan lain – lain.

Setelahnya pilihlah kategori bisnis yang ingin kamu iklankan agar google dapat lebih mudah menjangkau target audience mu.

Picture by niagahoster

  1. Buat copy iklan

Buatlah iklan yang singkat, jelas, padat, dan menarik sebab google membatasi karakter untuk copy iklanmu. Misalnya, headline iklan kamu hanya dapat menulis sekitar 30 karakter dan 80 karakter untuk isi iklanmu.

Picture by TebarDigital

  1. Masukan foto

Pada tahap ini kamu dapat memasukan gambar desain atau foto terbaik yang menggambarkan iklan yang sedang kamu tawarkan. Namun, hal tersebut bersifat opsional sehingga kamu dapat memilih ingin memasukkannya atau tidak.

Picture by niagahoster

  1. Tentukan budget dan metode pembayaran

Kamu dapat menentukan budget untuk iklan mu. Nah, pada tahap ini kamu tidak perlu khawatir, karena google menerapkan sistem pay per click sehingga kamu hanya perlu membayar apabila iklan mu di klik oleh pengunjung.

Selain itu, kamu juga bebas menetapkan estimasi biaya dan jika kamu baru pertama kali menggunakan google ads maka sebaiknya gunakanlah estimasi biaya terkecil. Terakhir kamu dapat membayar menggunakan metode pembayaran yang telah tersedia.

Picture by niagahoster
Nah, apakah kamu tertarik untuk menggunakan google ads pada bisnismu?