Semenjak social media menjadi sebuah sarana dan tempat mengembangkan bisnis, banyak hal yang dilakukan untuk menarik minat konsumen dan menyajikan yang terbaik. Tak terkecuali optimasi biodata dalam profil instagram.

Beberapa orang melakukan optimasi bio untuk menjelaskan apa yang mereka jual sekaligus menarik perhatian calon konsumen mereka. 

Hal ini membuat kita bertanya-tanya, apa saja yang dibutuhkan agar optimasi bio instagram ini berhasil menarik perhatian calon konsumen?

Ada baiknya kamu simak beberapa tips yang kami sajikan berikut ini!

Photo by Szabo Viktor on Unsplash

Komunikasikan Tagline

Hal yang perlu kamu cantumkan dalam biomu adalah tagline bisnismu. Tagline yang merujuk kepada deskripsi singkat, hanya terdiri dari beberapa kata yang menggambarkan bisnismu secara keseluruhan.

Hal ini penting sebagai pembentukan awareness konsumen terhadap brand, di mana bio instagram-mu adalah hal yang mungkin pertama kali dilihat oleh audiens ketika berkunjung ke halaman profil.

Photo by officialvikramsen (Vikram) on Unsplash

Tekankan Produk dan Benefit

Hal yang paling pertama harus dan wajib kamu sematkan pada bio instagram bisnis adalah, apa yang kamu jual. Bagaimana calon konsumen akan berbelanja jika mereka tak tahu apa yang kamu jual?

Sebuah Instagram bio yang bagus seharusnya menjelaskan apa yang kamu lakukan dan untuk siapa kamu melakukannya (target audience). Jadi saat orang melihat bio saja, mereka bisa langsung tahu bisnis yang kamu jalankan dan untuk siapa. 

Photo by Brett Jordan on Unsplash

Menyertakan Call To Action

Seperti halnya komunikasi pemasaran yang bagus, bio Instagram kamu harus menyertakan call-to-action kepada pengunjung agar mereka melakukan yang kamu inginkan setelah mengunjungi profil kamu.

Di sini kamu bisa mengarahkan pengunjung untuk menuju tautan pembelian atau sekedar untuk melihat apa yang kamu jual.

Gunakan Emoji

kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan emoji pada bio Instagram atau bisnis kamu. Mungkin kamu akan berpikir, bukankah emoji terasa kekanakan atau terlalu imut untuk sebuah brand?

Sebenarnya sah-sah saja menggunakan emoji, apalagi bila jumlah karakter yang terbatas. Dengan emoji yang tepat, bisa memberitahu pengunjung lebih banyak tentang brand kamu daripada dengan kata-kata. Emoji juga bisa lho membentuk dan menciptakan kepribadian brand kamu.

Selain hal yang disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa kalimat menarik yang bisa mengundang calon konsumen untuk membeli produkmu, namun ada baiknya kamu melakukan 4 tips yang kami berikan di atas dahulu. 

Jadi bagaimana, apa tertarik untuk mulai membenahi bio instagram mu? Beritahu kami di kolom komentar ya!