Teknologi telah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Berbagai sektor industri seperti perbankan, media, hingga kesehatan dan masih banyak lagi, sudah mulai menerapkan teknologi artificial intelligence.
Yuk, langsung aja kita bahas apa sih Artificial Intelligence dan peran dalam e-commerce?
Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah teknologi yang dapat meniru kecerdasan manusia dalam melakukan tugas seperti mengamati, belajar, merencanakan, dan membuat keputusan untuk pemecahan masalah.
Contohnya bisa kita lihat penemuan mobil yang dapat berjalan sendiri dengan teknologi autopilot.
Artificial Intelligence dapat memberikan manfaat bagi pelaku bisnis terutama dalam bidang industri. Karena dapat meraih pelanggan secara cepat dan efisien.
Saat ini banyak perusahaan, bisnis online hingga UKM yang mulai beralih menggunakan Artificial Intelligence dalam membangun bisnis mereka. Karena pada bidang e-commerce, perusahaan yang telah menggunakan Artificial Intelligence tentunya memiliki keuntungan yang lebih banyak karena pelanggan e-commerce menjadi lebih mudah memperoleh produk sesuai kebutuhannya.
Tipe – Tipe Artificial Intelligence
Terdapat beberapa tipe kecerdasan buatan dalam bisnis online, di antaranya:
- ChatBot
Chatbot adalah sebuah program buatan berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, yang dapat mensimulasikan percakapan atau obrolan dengan pengguna lain layaknya manusia melalui aplikasi pesan, situs web, aplikasi seluler, atau melalui telepon. Chatbot bisa menggantikan customer service terlebih lagi dalam bisnis online sehingga proses chat dapat berjalan lebih cepat. Contoh e-commerce yang menggunakan ChatBot bisa kita temukan di Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan masih banyak yang lainnya.
- Visual Search
Pada tipe ini kamu dapat mengunggah foto yang ingin kamu cari tanpa perlu ketik barang yang ingin kamu temukan, sehingga hal tersebut tentunya lebih mudah dan efisien. Biasanya pelanggan menggunakan tipe ini untuk membeli pakaian dan kebutuhan rumah tangga.
- Voice Search
Selain kamu dapat mengunggah foto yang ingin kamu cari kamu juga dapat mencari produk dengan menggunakan suara seperti pada fitur siri, google, dan alexa.
- Product Management
Dengan artificial intelligence, kamu juga bisa me-manage produkmu dengan gampang dan canggih. Kamu dapat melihat berapa banyak produk yang terjual, penghasilan toko, barang yang sudah habis dan perlu di re-stock, dan masih banyak yang lainnya.
- Recommendation Engines
Dengan recommendation engines, perusahaan e-commerce dapat menganalisis perilaku pelanggan di situs web/aplikasi mereka dan menggunakan algoritma untuk memprediksi produk apa yang mungkin menarik bagi pelanggan dan memberikan rekomendasi. E-commerce yang telah menggunakan teknologi ini biasanya disebut sebagai Fast Recommendation System untuk membaca karakteristik atau behaviour dari masing-masing pengguna. Fast Recommendation System bekerja dengan menggunakan Machine Learning (pembelajaran mesin) yang dapat melihat semua produk yang ada di e-commerce.
- Smart Logistics
Berfungsi untuk menginformasikan posisi dan lokasi tujuan, kondisi jalan, estimasi waktu tercepat. Ini memudahkan pengirim dapat menentukan rute mana yang harus diambil agar barang cepat sampai tujuan dalam kondisi yang prima. Sehingga sangat membantu mengotomatisasikan operasi di gudang atau membantu proses pengantaran produk ke pelanggan e-commerce.
Peranan Artificial Intelligence dalam E-Commerce
- Promosi penjualan jadi lebih strategis
Teknologi AI dapat membantu perusahaan dalam menganalisis jenis dan target promosi yang lebih strategis serta memungkinkan perusahaan untuk menggali potensi yang lebih besar melalui pencarian kata kunci, profil pengguna, maupun data online lainnya.
- Proses penjualan lebih efisien
Sebagai penjual, kamu tak perlu membalas pertanyaan berulang dari pelanggan atau menghitung ongkos kirim karena semua proses penjualan sudah diatur oleh Artificial Intelligence.
- Meningkatkan skala bisnis
Adanya kemudahan dan kenyamanan yang dirikan oleh artificial intelligence perusahaan dapat meningkatkan skala bisnis mereka karena para pelanggan dapat ter-handle dengan baik, mengurasi cost untuk pelayanan pelanggan, meningkatkan promosi, dan masih banyak lagi.
- Teknologi pencarian visual
Pembeli dapat mencari produk yang mereka inginkan hanya dengan mengunggah gambar atau berbicara lewat suara sehingga proses jual-beli akan lebih efisien daripada mencari menggunakan kata kunci.
- Analisa umpan balik terhadap konsumen
Sebagai pelaku bisnis yang menggunakan teknologi AI, kamu dapat melihat dan menganalisa komentar maupun tanggapan konsumen terhadap produk yang telah dirilis. Sehingga kamu dapat mengetahui keluh kesah maupun pujian yang disampaikan oleh pelanggan terhadap produk yang kamu hasilkan.
- Penyebaran konten lebih luas
Perusahaan dan UKM dapat menggunakan teknologi artificial intelligence dalam menyebarkan konten kepada konsumen dengan jangkauan pasar yang lebih luas sehingga hal tersebut dapat menaikan performa penjualan suatu produk.
Itulah beberapa informasi peranan Artificial Intelligence pada e-commerce. Kalau kamu merasa kesulitan dalam pengembangan digital marketing untuk perusahaan, bisnis, maupun organisasi, Yuk, Kunjungi kinaja.id sekarang untuk kolaborasi dan kunjungi instagram kami di @kinaja_id untuk mengetahui informasi seputar digital marketing.