Instagram akhir-akhir ini terlihat sangat gencar dalam memperbarui dan menginovasikan fitur tambahan terbaru untuk memanjakan penggunanya yang hampir mirip dengan TikTok.

Bagaimana tidak? kini masyarakat selain menggunakan Instagram sebagai salah satu media sosial, tren penggunaan TikTok kini mulai ramai digunakan pula.

Maka setiap media sosial sedang berlomba untuk menampilkan yang terbaik sehingga pengguna merasa nyaman saat menggunakannya. 

Fitur Instagram yang Mirip Tiktok

Beberapa fitur yang ditambahkan di Instagram akhir-akhir ini diantaranya adalah video reels, avatar, reaction, musik, dan yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan yaitu adanya uji coba Instagram dalam merubah penampilan resolusi feed menjadi satu layar seperti pada aplikasi TikTok.

Adam Mosseri dalam The Verge pada hari Kamis tanggal 5 Mei 2022 memberikan penjelasan berupa sebuah video mengenai uji coba yang telah ramai dibicarakan. 

Head Instgaram tersebut membenarkan adanya perubahan ukuran dalam feed, “Foto dan video yang lebih tinggi akan mulai muncul di beberapa feed”.

Menanggapi penjelasan tersebut, orang-orang makin menyamakan Instagram dengan aplikasi TikTok, karena sebelumnya saat Instagram meluncurkan reels dari mulai segi tampilan yang full screen, letak kolom komentar, share, dan like bahkan hingga algoritma hampir memiliki kemiripan dengan TikTok.

Instagram mirip TikTok

Photo by Clay Banks on Unsplash

Suksesnya peluncuran fitur reels sendiri memberikan banyak tanggapan positif dari para pengguna, bahkan dapat dijadikan sebagai media untuk menaikan rate engagement pada akun. 

Hal ini diperkuat dengan adanya laporan Instagram semenjak adanya reels, 20% pengguna semakin banyak mengakses reels yang merupakan bentuk video. Dari sini Instagram melihat peluang kecenderungan penggunanya sudah mulai mengarah pada bentuk video dibanding foto.

Namun dalam melihat peluang ini ditemukan fakta yang menjadi problem dalam perubahan besar dalam video Instagram. Terlihat dalam postingan reels, banyak orang yang hanya memposting ulang sehingga fitur dalam reels kurang digunakan secara sempurna dan keorisinalitasan karya menjadi permasalahan yang masih dikerjakan oleh pihak Instagram. 

Adanya wacana perubahan tampilan feed Instagram full screen, Instagram memberikan penjelasan bahwa ingin memberikan hasil yang lebih terdepan dan terpusat untuk para pengguna Instagram. 

Dibuktikan dengan penjelasan “kami menguji bermacam cara untuk membuat pengalaman Instagram menjadi lebih baik dengan memasukkan tampilan layar penuh yang selaras dengan video dan opsi sound”

“Untuk fitur search, komen, shop, dan profil dapat diakses pada bagian bawah tampilan baru feed dengan ukuran satu layar full. Sedangkan untuk stories tetap akan berada di atas tampilan” ujar juru bicara Meta Seine Kim.

Tampilan Full Screen Instagram

Tampilan yang full screen dan juga target pemfokusan Instagram pada video yang sudah menjelaskan kemiripannya dengan TikTok diperkuat lagi dengan adanya pernyataan bos Instgram terhadap algoritma yang juga mirip dengan Tiktok.

Algoritma yang akan digunakan adalah memunculkan hasil video seorang kreator ke penonton-penonton yang baru. Untuk pengguna TikTok sudah pasti akan merasakan algoritma yang sama jika pembaruan tersebut tetap dilakukan. 

Wah, dengan banyaknya perubahan tampilan pada Instagram yang memiliki banyak kemiripan dengan TikTok pula, apakah ini merupakan strategi Instagram agar para pengguna tetap setia menggunakan Instagram? 

Mendengar pernyataan-pernyataan pihak Instagram yang memberikan informasi mengenai uji coba full screen yang semakin mirip dengan TikTok. Kamu lebih tertarik untuk menggunakan Instagram atau pada kompetitornya yaitu TikTok? 

Namun, dari perkembangan fitur Instagram yang ada nantinya semoga dapat kita gunakan dan kita manfaatkan sebaik mungkin dalam bentuk hal-hal yang positif tentunya. Baca juga Tips Video Reels Kamu Banyak yang Lihat!