Photo by Solen Feyissa on Unsplash
TikTok kini menjadi salah satu media sosial banyak dibicarakan setelah Instagram maupun Facebook. Konten-konten yang disajikan juga sangat beragam dari berbagai bidang.
Siapa sih yang nggak tahu aplikasi TikTok di masa sekarang ini? Tentu sudah banyak yang tahu dan sering menggunakan aplikasi ini untuk bikin konten video atau bahkan hanya untuk mencari informasi atau hiburan.
Para konten kreator pun seakan berlomba-lomba untuk menyajikan konten yang unik dan menghibur para penonton, sehingga secara tidak langsung para penonton dibuat betah untuk lama-lama di TikTok.
Munculnya banyak video-video menarik di beranda TikTokmu juga tidak terlepas dari istilah FYP yang merupakan singkatan dari “For You Page”.
For You Page adalah sebutan pada konten video yang diposting salah satu konten kreator yang berhasil memasuki beranda TikTok kamu. Postingan yang dapat tampil di beranda kamu adalah rekomendasi dari TikTok dengan algoritma yang dimiliki TikTok pula.
Pada umumnya konten video yang muncul di beranda kamu adalah konten-konten yang sedang banyak dibicarakan orang. Baik ramainya interaksi di kolom komentar, banyaknya jumlah share, like, dan views pada postingan tersebut.
Algoritma unik yang dimiliki TikTok sendiri seakan tidak ingin melewatkan konten video yang sedang banyak dibicarakan, seru, dan menarik untuk singgah di FYP kamu.
Hal-hal yang viral pun akan dengan sangat mudah untuk naik dan terjangkau oleh banyak pengguna TikTok. Lalu, apakah kamu pernah mencoba untuk membuat konten video di TikTok?
Pernah berpikir juga bagaimana hingga konten yang kamu buat dapat FYP di beranda pengguna TikTok yang lain?
Yuk, simak 7 hal penting yang harus kamu perhatikan agar kontenmu dapat FYP di TikTok!
- Buat Konten Viral
Photo by Soundtrap on Unsplash
Untuk dapat FYP di TikTok hal yang dapat kamu lakukan adalah membuat konten video yang sedang ramai dibincangkan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan me-remake video konten yang viral tersebut dengan menggunakan sound, filter, bahkan editing yang mirip, namun tetap berikan ciri khas dan keunikan dalam video kamu, ya.
Keunikan/ciri khas dan kreatifitas kamu dalam mengemas video juga dapat dijadikan pembeda dari video-video yang lain, lho. Ada sesuatu yang berbeda akan memberikan kesan yang berbeda pula pada penonton.
Jadi, usahakan tetap memberikan kesan unik pada pembuatan video remake yang akan kamu posting, ya! be unique, be creative.
- Posting di Saat Prime Time!
Photo by Lukas Blazek on Unsplash
Untuk memposting konten video di TikTok dan ingin berpeluang untuk FYP maka dapat diperhatikan kembali waktu mempostingnya. Memposting konten lebih baik saat banyak orang menghabiskan waktu di handphone.
Untuk referensi waktu yang dapat digunakan sebagai acuan memposting konten video untuk FYP di TikTok adalah sebagai berikut:
- Senin: 14.00 WIB, 18.00 WIB, 21.00 WIB
- Selasa: 10.00 WIB, 16.00 WIB, 21.00 WIB
- Rabu: 11.00 WIB, 19.00 WIB, 20.00 WIB
- Kamis: 06.00 WIB, 21.00 WIB, 23.00 WIB
- Jum’at: 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB
- Sabtu: 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB
- Minggu: 03.00 WIB, 18.00 WIB, 19.00 WIB
Referensi tersebut dapat kamu coba karena menyesuaikan pengalaman jam ramai penonton TikTok aktif. Nah, jadwal di atas bisa kamu jadikan acuan untuk memposting konten video kamu di TikTok, ya!
- Gunakan Sound Tren
Photo by Cristina Zaragoza on Unsplash
Sound yang kamu gunakan dalam konten video mu juga merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi kontenmu FYP atau tidak.
Sound viral di TikTok akan viral dalam beberapa saat saja, dan akan tergantikan dengan sound-sound yang baru. Perubahan tren dalam TikTok terbilang sangat cepat berganti.
Sehingga kamu juga harus cepat menyesuaikan pula dengan tren yang ada. Seperti tren sound dalam TikTok, jika sudah lama tidak digunakan dan kamu mencoba untuk menggunakan kembali sound tersebut, maka kemungkinan atau peluang untuk FYP kecil.
Karena apa yang kamu gunakan dalam konten buatanmu sudah basi atau sudah banyak ditinggalkan. Selain itu, sudah tertumpuk dengan tren-tren terbaru lainnya. Sehingga upayakan untuk selalu update dengan sound yang sedang hype saat itu, ya!
- Gunakan Hastag
Photo by Solen Feyissa on Unsplash
Kamu juga dapat menambahkan hashtag pada caption postingan konten video kamu, lho! Contoh hastag yang dapat kamu gunakan adalah sebagai berikut #fyp #foryoupage #viral
Selain hastag tersebut, kamu juga dapat memberikan hastag-hastag lainnya yang berkaitan dengan video yang kamu buat. Misalkan saat kamu membuat video tutorial memasak nasi goreng, kamu dapat mencantumkan spesifikasi hastag sebagai berikut #nasigoreng #resepnasigoreng #tutorialnasigoreng.
Hal tersebut lumayan penting untuk diperhatikan, mengingat banyak pengguna TikTok saat hendak mencari suatu konten agar muncul sesuai kategori yang diinginkan ialah mencari di pilihan search menggunakan tagar atau hastag.
Jadi, jangan lupa untuk menyertakan hastag pada video postingan kamu di TikTok, ya!
- Kualitas Video
Photo by Joey Huang on Unsplash
Pastikan terlebih dahulu video yang kamu buat memiliki kualitas gambar yang baik. Karena penonton pasti akan lebih menyukai konten yang memiliki gambar yang jelas dan baik dibandingkan yang terlihat seperti asal-asalan.
Hal tersebut dapat diatasi dengan sebelum memposting video, kamu dapat mengedit terlebih dahulu video kamu bisa melalui fitur edit yang dimiliki TikTok.
TikTok sudah memiliki fitur-fitur yang lumayan lengkap untuk membantu proses pengeditan video kamu. Jika ingin media pengeditan yang lebih proper kamu dapat mendownload aplikasi edit video di playstore maupun app store.
- Konten Durasi Pendek
Photo by Sam McGhee on Unsplash
Buatlah konten video dengan durasi pendek, meskipun TikTok telah menambah waktu 1 menit hingga 3 menit durasi video.
Mengapa demikian? Karena menghindari jika penonton cepat bosan saat menunggu video kamu hingga selesai, sedangkan penonton juga tidak semua memiliki banyak waktu untuk memperhatikannya.
Penonton cenderung suka melihat konten singkat namun padat, sehingga dengan waktu yang sedikit mereka mendapatkan informasi atau hiburan yang bervariasi sekaligus.
Sehingga, manfaatkan durasi yang kamu miliki sebaik mungkin, ya!
- Interaksi di Kolom Komentar
Photo by Kelli McClintock on Unsplash
Bangun komunikasi dengan akun-akun lainnya di kolom komentar postinganmu. Hal tersebut dapat memberikan kesan yang ramah dan kemungkinan untuk disukai juga tinggi.
Kegiatan di kolom komentar yang dapat kamu lakukan ialah membalas komentar dari akun lain, memberikan like pada komentar orang lain akan memberikan kesan kamu memiliki apresiasi kepada para akun lain.
Nah, penjelasan-penjelasan di atas merupakan 7 hal penting yang dapat kamu perhatikan sebelum memposting konten video kamu di media sosial TikTok. Semoga dengan informasi yang telah disampaikan dapat kamu jadikan referensi untuk akunmu, ya!
Baca juga Tips Video Reels Kamu Banyak Views