Saat ini pemasaran digital sudah semakin luas salah satunya adalah dengan menggunakan teknik copywriting untuk menarik pelanggan. Teknik ini merupakan sebuah cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan suatu barang atau jasa. Penulisan yang tepat bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi bisnis karena dengan sebuah tulisan kamu dapat “memancing” pengguna untuk membeli produk yang sedang ditawarkan. 


Walaupun copywriting erat hubungannya dengan tulisan namun faktanya tidak selalu demikian. Pelaku usaha juga harus mengetahui bagaimana cara menarik perhatian audiens untuk membaca tulisan yang sudah dibuat. Pada kesempatan kali ini kami telah merangkumkan beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk menciptakan penulisan artikel pemasaran yang lebih baik.

Pengertian Copywriting

Picture by buat toko online

Copywriting adalah aktivitas membuat dan menghasilkan tulisan untuk kepentingan iklan. copywriting tidak selalu dalam bentuk tulisan artikel tapi dapat berupa gambar dan video yang diunggah dalam media online. Seorang copywriter memiliki peranan penting sebagai jembatan penghubung antara calon konsumen dengan penjual. Sehingga, seorang penulis harus memiliki jiwa kreatif dan inovatif agar tulisan yang dihasilkannya dapat menarik pengguna.

Misalnya saja, dalam penggunaan kata-kata, kalimat, slogan, dan lain-lain harus mengandung unsur yang persuasif. Kemajuan teknologi menyebabkan copywriting banyak digunakan untuk iklan pada situs website perusahaan. Contohnya, pengguna yang sedang mencari artikel tentang software maka terdapat link internal yang membawa user menuju halaman penjualan. Cara ini terbukti efektif mengingat pengguna internet yang mencapai 4,9 miliar.

Apa Sih Manfaatnya?

Picture by freepik

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu rasakan apabila menggunakan teknik copywriting yaitu bukan hanya untuk mempromosikan suatu produk namun dapat meningkatkan penjualan. Berikut adalah beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan.

Membangun brand

Teknik penulisan yang tepat dapat memberikan dampak yang positif bagi kemajuan brand. Tulisan dalam copywriting bisa membantu pelaku usaha untuk membentuk branding yang khas. Sehingga ketika kamu mendengar sebuah slogan dari suatu brand, maka kamu akan memikirkan nama brand tersebut. Selain itu, tulisan yang menarik dapat membuat konsumen lebih mengetahui produk yang kamu pasarkan secara detail.

Copywriting membantu soft selling

Sebagai seorang pelanggan tentunya kamu akan merasa risih jika ada seorang penjual yang memasarkan produknya dengan cara paksa. Sehingga, apabila kamu menggunakan teknik penulisan yang baik untuk memasarkan produk maka secara tidak langsung kamu bisa menarik konsumen dengan cara yang lebih persuasif. Bukan hanya itu saja, tulisan yang kamu buat bisa dibaca sampai selesai oleh para pengguna.

Menaikan jumlah penjualan

Promosi yang menarik dengan menggunakan copywriting dapat meningkatkan jumlah penjualan. Karena seorang penulis yang handal mampu membuat mayoritas pembaca tertarik dengan produk yang sedang mereka pasarkan.

Tips Menggunakan Copywriting untuk Meningkatkan Penjualan

Picture by penulis konten

Setelah melihat beberapa manfaat di atas, berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan mu.

Gunakan formula AIDA

AIDA adalah singkatan dari Attention, interest, Desire, dan Action. Berikut adalah arti dari keempat unsur tersebut:

  • Attention = tangkap perhatian audiens
  • Interest = buat audiens penasaran terkait produk
  • Desire = buat user menginginkan manfaat yang kamu tawarkan
  • Action = ajak pengguna untuk mendapatkan manfaat itu

Pada umumnya, formula ini bertujuan untuk membuat jenis konten yang sesuai dengan tahapan-tahapan audiens yakni, dari orang awam hingga siap menjadi pelanggan.

Kenali target audiens

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat tulisan terkait produk. Ada baiknya untuk mengetahui target audiens terlebih dahulu. Supaya iklan yang kamu tawarkan dapat diterima baik oleh pengguna. Oleh karena itu, untuk membuat tulisan pemasaran yang bagus, kamu perlu memahami siapa target mu, apa keinginan mereka, masalah dan solusi yang sedang mereka cari, usia, dan lain-lain. Jika kamu dapat memahaminya maka iklan yang kamu buat bisa memiliki engagement yang tinggi sehingga bisa mengarahkan pada penjualan.

Buat tulisan copywriting yang menarik, singkat, dan jelas

Penulisan yang singkat dan jelas dapat membantu calon pelanggan untuk memahami isi penawaran dengan lebih cepat. Terlebih lagi kebanyakan pengguna malas untuk membaca iklan dengan kalimat yang terlalu panjang. Akan tetapi jika headline iklan mu menarik maka mereka akan melanjutkan pembacaan sampai selesai. Kamu dapat membuat headline iklan dengan menerapkan formula 4U yaitu, Useful, Unique, Ultra-Specific, dan Urgent.