Photo by Edho Pratama on Unsplash

Dewasa ini, semakin banyak website-website analytics tools yang bisa bantu bisnis kamu semakin berkembang seperti Adobe Analytics, Mixpanel, HubSpot, dan lainnya. Tapi tidak sedikit juga dari web analytics yang mengharuskan penggunanya untuk membayar atau subscribe terlebih dahulu untuk bisa tracking bisnisnya secara maksimal. Eits, tapi ngga semuanya begitu. Ada loh web analytics yang gratis tapi sama canggihnya dengan web analytics berbayar, namanya Google Analytics.

Ah, paling kegunaannya terbatas.’
Jangan berprasangka buruk dulu. Mending kita kenalan dulu nih sama Google Analytics dan kecanggihannya biar bisnis kamu makin berkembang dengan web analytics ini.

Google Analytics adalah layanan analisis situs web gratis yang dibuat oleh Google yang menjadi bagian dari Google Marketing Platforms. Walaupun gratis, fungsi dari Google Analytics ini ngga kalah bagus dengan web analytics tools berbayar, bahkan dilansir dari Hotjar.com Google Analytics adalah market leader dalam pasar layanan web analytics dan sudah digunakan untuk menganalisa 30 juta website. Makin penasaran ngga sih sama Google Analytics ini? Let’s go, kita bahas kecanggihan dari Google Analytics ini.

1. Google Analytics Memberikan Informasi Mengenai Potensial Customer

Ketika websitemu sudah terhubung dengan Google Analytics, kamu bisa mengetahui berbagai informasi mengenai pengunjung atau pengguna dari website kamu. Contohnya kamu bisa tahu rata-rata atau kebanyakan pelanggan atau pengunjung di website kamu berasal dari kota atau negara mana, jangkauan umurnya, tipe gadget yang digunakan saat mengakses website, dan lain sebagainya.

Tentunya dengan mengetahui informasi soal pengunjung di website kamu, bisa memaksimalkan perkembangan bisnis yang kamu punya.

2. Mengetahui Jenis Konten yang Menarik Pengunjung

Konten adalah bagian paling penting untuk menunjukkan branding dalam bisnis kamu. Jika konten dibuat tepat sasaran hal ini dapat menaikan traffic dan meningkatkan pengunjung ke website kamu lho. Namun, konten yang dibuat juga harus menarik dan mudah dimengerti oleh pengunjung website agar semakin tertarik untuk cari tahu soal bisnis kamu.

Nah, Google Analytics bisa bantu kamu untuk memantau konten-konten seperti apa yang mendapat respon paling banyak di antara konten-konten yang kamu punya. Dengan begitu, kamu bisa memproduksi konten-konten yang menarik di mata audiens dan juga mengevaluasi konten lainnya agar responnya ikut meningkat.

3. Google Analytics Bisa Memantau Pencapaian Target Bisnis

Salah satu goals dari Google Analytics sendiri adalah untuk membantu memantau sejauh mana bisnis kamu berjalan dan berprogress. Dengan begitu kamu bisa menyusun target yang kamu inginkan di website kamu melalui Google Analytics seperti memasang target penjualan, atau target permintaan atau peningkatan jumlah subscriber di website kamu. Bahkan Google Analytics bisa mengikuti alur perjalanan para pengguna di website kamu berdasarkan tindakan mereka. Hal ini tentu membantu kamu menyesuaikan target dengan kebutuhan atau ketertarikan pelanggan kamu.

4. Memberikan Informasi Platform Sosial Media yang Pas Untuk Marketing 

Tidak dipungkiri lagi bahwa sosial media kini menjadi sarana marketing. Namun, banyaknya platform sosial media saat ini membuat kita harus memikirkan baik-baik sosial media mana yang cocok dengan target marketing. Karena apabila kita melakukan promosi di platform yang salah maka pengaruh yang dihasilkan akan sangat kecil ke bisnis kita. Bisa jadi kita yang rugi karena sudah mengeluarkan modal dan tenaga yang banyak namun hasilnya kurang signifikan.

Oleh karena itu, mengetahui platform sosial media yang bisa mendatangkan potential customer atau meningkatkan engagement sangatlah penting. Dengan Google Analytics, kamu bisa mengakses informasi mengenai platform mana yang memberikan potential customer atau menarik engagement terbanyak ke website kamu. Modal atau usaha yang kamu keluarkan untuk membuat iklan atau campaign pun bisa membuahkan hasil yang manis untuk bisnis kamu.

Nah, itu dia penjelasan mengenai kegunaan Google Analytics yang bikin bisnis kamu semakin berkembang. Udah kepikiran belum untuk mempelajari Google Analytics lebih dalam lagi? Dari keempat fungsi Google Analytics di atas, fungsi mana nih yang cocok untuk website kamu? Share jawabanmu di kolom komentar ya! Cek juga artikel menarik lainnya di sini.