Infografik menjadi hal yang lumrah di mata kita sebagai representasi visual informasi, data atau ilmu pengetahuan secara grafis. infografik banyak digunakan dalam dunia jurnalisme maupun kreatif dalam menyampaikan informasi rumit dengan singkat dan jelas, tentu memudahkan kita dalam mencerna informasi penting. 

Namun rasanya infografik yang memudahkan ini, makin lama makin terasa membosankan dan terkesan naratif. Kebanyakan dari kita mengharapkan komunikasi dua arah terjadi agar sesuatu makin mudah dicerna dan tidak terasa membosankan.

Akhirnya kita bertanya-tanya, adakah solusi alternatif yang lebih menarik dan tak terasa membosankan? Tentu jawabannya ada. 

Kinaja sendiri sebagai creative house pernah menggarap dan ingin menyarankan para pemilik brand menggunakan format ini untuk menyampaikan data dalam grafis yang menarik dan waktu yang singkat. Kami menyebutnya Interactive longform. Sebuah infografik dengan format yang lebih interaktif tentunya.  

Fungsi longform banner menyampaikan informasi untuk lebih mudah dipahami dan memberikan pengalaman secara langsung dari informasi yang disampaikan. 

Mirip dengan artikel dan infografik, namun ada pengalaman yang berbeda disajikan oleh format ini. 

Kinaja sendiri, pernah didaulat untuk menggarap proyek ini ketika bekerja sama dengan salah satu klien dari industri farmasi tentang salah satu produk segmentasi dewasanya. 

Berawal dari klien yang punya kebutuhan placement di salah satu media. Karena produk ini khusus untuk orang dewasa, ada sedikit kesulitan untuk memasang iklan disana. Pihak klien punya permintaan menarik, untuk membuat semacam infografik dengan format berbeda agar produk mereka tetap dilirik dan aman dari sisi peraturan.

Sikap kreatif dan solutif memang mesti dimiliki oleh semua unsur yang ada di industri kreatif. Oleh karena itu, Kinaja menawarkan format interactive longform sebagai jawaban dari permintaan sang klien. Selain karena Interactive longform ini mirip dengan artikel dan infografik, budget yang ada mencukupi untuk kebutuhan longform ini.

Dalam proyek ini, Kinaja memadukan beberapa kuesioner interaktif yang berisikan animasi yang sesuai dengan informasi dari produk dan dipecah jadi beberapa bagian yang berisi data, testimoni, uji klinis, games mitos atau fakta. Dengan animasi menarik yang berisikan sejenis bar energi yang akan terisi penuh jika audiens mengisi kuesioner dengan benar.

Penasaran bagaimana bentuknya? Kamu bisa melirik sedikit kolom portofolio kami di sini! Banyak proyek yang telah Kinaja kerjakan dan bisa kamu jadikan acuan yang sesuai untuk kebutuhanmu!