Apakah kamu pernah mendengar istilah community relation? Untuk kamu yang mendalami ilmu ataupun berkecimpung dalam dunia public relation pasti sudah tidak asing dengan istilah ini, bukan? Iya, community relation adalah bagian kegiatan yang dilakukan oleh public relation.
Community relation juga memiliki ranah eksternal dari sebuah perusahaan. Menjalin hubungan baik dengan pihak eksternal perusahaan sangat dibutuhkan untuk kelancaran proses bisnis.
Community Relation
Community relation adalah kegiatan yang dilakukan oleh public relation dengan berbagai metode untuk membangun maupun memelihara hubungan dengan lingkungan sekitarnya yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.
Prinsip yang membangun suatu kegiatan community relations adalah ketika sebuah perusahaan menerima tanggung jawab sipilnya dan berpartisipasi minat aktif dalam kesejahteraan komunitasnya maka ia akan memperoleh sejumlah manfaat jangka panjang dalam bentuk dukungan masyarakat, loyalitas, dan niat baik.
Hal-hal yang dapat dilakukan dalam kegiatan community relation diantaranya adalah mengambil minat aktif dalam masalah masyarakat, mensponsori kegiatan pemuda, berpartisipasi dalam pemerintahan daerah, bergabung dengan grup bisnis dan layanan, membeli bahan dan pasokan dari perusahaan lokal, mendorong pendidikan budaya dan masyarakat, menyediakan kantor atau fasilitas untuk masyarakat sekitar, mendukung kegiatan amal lokal, dan ikut serta dalam kegiatan masyarakat.
Dengan adanya media sosial, maka dapat memberikan kemudahan community relation dalam melakukan kegiatannya bahkan cakupannya dapat dilihat oleh banyak sekali orang di setiap waktu. Hal-hal yang dapat dilakukan dalam media sosial adalah membuat live report menangani kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan dengan masyarakat maupun komunitas eksternal setempat.
Pentingnya Community Relation
Photo by Kampus Production on Pexels
Community relation mengacu pada inisiatif yang digunakan perusahaan untuk bermitra dan berkontribusi pada komunitas mereka. Hal ini umumnya untuk mencapai visi-misi dan tujuan perusahaan serta kebutuhan masyarakat maupun komunitas setempat.
Community relation dianggap sebagai kegiatan penting karena selain meningkatkan brand awareness dan citra perusahaan dalam jangka panjang, juga sangat penting untuk mendapatkan dukungan, kepercayaan, keloyalitasan, dan kesetiaan dari masyarakat maupun komunitas setempat.
Tips Community Relation
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels
Saat kamu ingin membangun sebuah community relation, kamu juga membutuhkan beberapa strategi agar tujuan dapat berhasil dan mendapatkan hasil yang maksimal. Hal-hal yang dapat kamu lakukan diantaranya adalah berinvestasi pada public relation profesional, tinjau tujuan dan nilai kamu, tetapkan tujuan jelas, konsultasikan dengan karyawan, tentukan jenis proyek, dan kombinasikan ide-ide yang dimiliki oleh para PR perusahaan.
Skill Public Relation
Setelah mengetahui mengenai apa itu community relation, apa hubungan community relation dengan public relation, apa saja jenis kegiatan dari community relation, tips dalam membangun suatu community relation selanjutnya kita akan membahas tentang skill yang harus dimiliki PR dalam menjalankan community relation.
- Komunikasi
Hal ini sudah pasti harus dimiliki oleh seluruh public relation. Karena memang tugas utama mereka adalah berkomunikasi secara aktif dengan berbagai pihak yang terlibat dalam suatu perusahaan, termasuk pihak eksternal dalam kegiatan community relation.
Karena community relation berhubungan langsung dengan banyak orang yakni masyarakat dan komunitas, maka public relation harus bisa mengetahui cara berkomunikasi dengan massa yang banyak agar apa yang disampaikan dapat diterima dan dipahami oleh masyarakat.
- Berpikir Kritis
Berpikir kritis merupakan skill yang harus dimiliki sebagai public relation dalam kegiatan community relation karena dalam membuat suatu program kerja yang berkaitan dengan masyarakat yang tentu saja berhubungan dengan banyak orang harus melalui pemikiran yang panjang dan juga cerdik dalam menganalisis. Jangan sampai program yang kamu buat tidak efektif bahkan bukannya menguntungkan malah merugikan orang sekitar. Pastikan juga program kerja yang kamu buat dapat menguntungkan kedua belah pihak baik pihak perusahaan maupun pihak masyarakat atau komunitas.
- Pendengar yang Baik
Public relation merupakan jembatan antara pihak perusahaan dengan masyarakat. Sehingga sebagai seorang PR kamu juga harus menjadi pendengar yang baik dan juga objektif dalam menilai sesuatu. Karena dengan begitu kamu akan mengetahui maksud dari perusahaan dan tetap memahami kebutuhan masyarakat sehingga tujuan dari community relation akan berjalan sesuai dengan tujuan dan harapan awal.
Nah, berikut merupakan penjelasan mengenai community relation, semoga dengan penjelasan tersebut dapat memberikan wawasan kamu mengenai bidang PR, ya! Baca juga Langkah Membangun Small Business Online