Tak hanya Instagram dan Facebook, kini TikTok telah menjadi ladang bisnis baru. Melansir dari Kompas.com, aplikasi mobile ini menembus angka unduhan sebesar 3 miliar berdasarkan laporan terbaru dari lembaga riset pasar Sensor Tower.

Hal ini menunjukkan bahwa pebisnis berpeluang memasarkan produknya karena banyaknya pengguna aplikasi ini.

Salah satu cara yang harus kamu lakukan untuk memaksimalkan pemasaran produk di TikTok adalah dengan memperhatikan engagement dari audiens.

Kamu harus memiliki hubungan yang baik dengan audiens agar bisnis kamu dapat bertahan dengan lama. 

Dengan menerapkan engagement marketing, konten TikTok milikmu dapat banyak dijangkau oleh audiens serta meningkatkan loyalitas.

Omong-omong, tahukah kamu? Dengan membangun engagement audiens, maka kamu dapat mempersuasi mereka untuk mengkonsumsi produk atau menggunakan layanan bisnismu, lho!

Engagement marketing sendiri adalah penggunaan konten strategis untuk melibatkan audiens dan menciptakan interaksi yang bermakna dari waktu ke waktu. Jadi, marketer ingin melibatkan audiens untuk memasarkan produk mereka.

Yuk, pelajari strategi meningkatkan engagement TikTok yang akan Kinaja berikan di bawah ini!

Kenali target audiens kamu!

Pakai TikTok Bisnis, Siapa Takut Pelajari Strategi Tingkatkan Engagement Ini! - Kinaja 2
Photo by Windows on Unsplash

Dalam menjalani hubungan dengan klien, kamu perlu mengetahui karakter mereka, begitu pula dengan membuat konten. Sebelum membuat konten, hal pertama yang perlu diketahui ialah mengenal karakter audiens bisnismu. 

Misal, target audiens bisnismu adalah anak muda yang up-to-date, gaul, dan kekinian. Itu berarti ketika berinteraksi, kamu harus menggunakan bahasa yang sesuai agar audiens merasakan kedekatan ketika berinteraksi di TikTok. 

Cari ide segar untuk konten interaktif

Buatlah konten interaktif yang dapat mempersuasi audiens bisnismu untuk menyukai, mengomentari, hingga menyebarkan kontenmu ke teman-temannya.

Misalnya, kamu bisa mengajak audiens untuk menulis pengalamannya di kolom komentar. Selain itu kamu bisa membuat konten dance challenge, giveway, atau hashtag challenge.

Apa kamu tahu kalau brand fesyen terkenal seperti Guess pernah menggunakan hashtag challenge? Guess menggunakan hashtag challenge #InMyDenim untuk mempromosikan produk denim terbarunya. 

Strategi ini cukup efektif karena audiens perlu membeli produk denim baru mereka untuk mengikuti hashtag challenge #InMyDenim.

Apabila video-video challenge yang dibuat menarik perhatian, maka akan banyak orang yang tertarik mengikuti challenge tersebut. Otomatis, banyak orang yang berpotensi membeli denim terbaru Guess.

Aktif membalas pesan audiens

Pakai TikTok Bisnis, Siapa Takut Pelajari Strategi Tingkatkan Engagement Ini! - Kinaja 3
Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Jangan sia-siakan audiens yang mengomentari konten. Menanggapi komentar atau menjawab pertanyaan dari audiens bisnismu dapat meningkatkan engagement akun TikTok bisnismu lho. 

Selain itu, ketika kamu menanggapi komentar, maka mereka akan merasa dihargai olehmu. Bukan Tak mungkin mereka akan terus membuka akun TikTok bisnismu untuk melihat dan mengomentari setiap postingan video yang kamu unggah.

Tetapi, bukan berarti kamu perlu menanggapi semua komentar dari audiens. Pilihlah komentar yang positif tentang produkmu untuk ditanggapi.

Sebab, menurut algoritma yang diterapkan oleh TikTok, saat kamu mengomentari kiriman orang lain dan mendapatkan likes, brand  milikmu mungkin berada di bagian atas komentar.

Gunakan hashtag yang sedang trending

Untuk membangun hubungan dengan audiens yang belum terjangkau, kamu dapat membuat hashtag dari keyword yang ada pada kontenmu. Misal, bisnismu menjual produk makanan, maka, kamu dapat menggunakan hashtag #tiktokfood. 

Penggunaan hashtag berpotensi menjangkau audiens lebih luas lagi, lho!  Jadi, ada kemungkinan audiens baru mengetahui promosi bisnismu, sehingga tertarik membeli produkmu.

Bahkan, Zalora sendiri pernah membuat hashtag #ZStyleNow sebagai bentuk promosi mereka terhadap event Zalora Fashion Festival.

Kolaborasi dengan influencer

Pakai TikTok Bisnis, Siapa Takut Pelajari Strategi Tingkatkan Engagement Ini! - Kinaja 4
Photo by Sebastian Herrmann on Unsplash

Tingkatkan jangkauan audiens yang lebih luas lagi dengan mengajak brand lain atau influencer untuk berkolaborasi. Faktanya, terdapat 71 persen marketer yang mempercayai kalau influencer dapat meningkatkan penjualan dan brand awareness produk bisnis. 

Pro tip: Carilah influencer atau brand yang memiliki target audiens dan tujuan promosi yang sama dengan bisnismu!

Kelima tips di atas merupakan langkah awal untuk meningkatkan engagement akun TikTok bisnismu.

Ada banyak strategi lainnya yang dapat membantu, misalnya melakukan optimasi akun TikTok bisnismu agar dapat menjangkau audiens lebih luas, dan selalu konsisten untuk posting konten video dengan ide-ide kreatif. Selamat mencoba!