Salah satu strategi yang paling sering digunakan oleh marketer untuk menjangkau konsumen dan meningkatkan penjualan adalah menggunakan email marketing. 

Dengan menggunakan email marketing, kamu bisa tetap terkoneksi dengan audiens dan menyampaikan tentang informasi mengenai produk atau diskon.

Strategi email marketing sudah digunakan cukup lama dan masih populer sampai saat ini. Hal ini dikarenakan hasil timbal balik yang didapat cukup baik dan budget yang diperlukan tidak besar.

Namun, perlu kamu ketahui, strategi ini seperti pedang bermata dua. Jika kamu bisa memanfaatkannya dengan benar, maka penjualanmu akan meningkat. Sebaliknya, jika kamu salah atau gegabah, bisa jadi email yang kamu kirimkan bisa dianggap spam dan mengganggu oleh audiensmu.

Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan detail dan aturan sebelum kamu mengirimkan email marketing. Namun sebelum itu, yuk kita bahas beragam manfaat email marketing.

1. Efisiensi budget marketing 

Menurut emarketers, keunggulan email marketing jika digunakan sebagai strategi pemasaran adalah dapat memberikan ROI (return of investment) 4 kali lebih besar dibanding menggunakan media sosial.

2. Menambah pengunjung website 

Dengan memanfaatkan email marketing, kamu bisa meningkatkan pengunjung website-mu dengan mencantumkan link menuju website-mu dalam email yang kamu kirimkan.

Beberapa perusahaan besar seperti Detik, Kompas, dan Okezone juga menggunakan email marketing untuk meningkatkan kunjungan ke website mereka

3. Menambah engagement

Dengan mencantumkan blog, video atau media sosial dalam email, maka secara tidak langsung kamu membangun kepercayaan audiens terhadap produkmu.

Efek lain yang bisa kamu dapatkan adalah kunjungan audiens ke media sosial melalui email tersebut.

4. Cepat dan praktis jangkau banyak audiens

Adanya strategi email marketing dapat memudahkan banyak hal, salah satunya menjangkau pelanggan dan mempercepat proses promosi karena email dapat langsung diterima oleh pelanggan di seluruh penjuru dunia.

5. Dapat membangun relasi jangka panjang dengan audiens

Salah satu manfaat paling besar yang bisa kamu dapatkan dari email marketing adalah membangun relasi jangka panjang dengan audiensmu. 

Hal ini dikarenakan kamu bisa memanfaatkan email marketing untuk mengirimkan informasi dan tips yang bermanfaat sesuai dengan produkmu kepada pelanggan.

6. Bisa disesuaikan dengan karakter audiens

Berbeda dengan surat kabar atau artikel, email marketing dapat disesuaikan bahasa dan cara penyampaiannya sesuai dengan audiens

Dengan begitu, kamu dapat membangun kedekatan emosional dengan para konsumenmu, menarik bukan?

Nah, setelah kamu mengetahui manfaat-manfaat dari email marketing, saatnya kamu belajar tips agar email yang kamu kirimkan menarik dan tidak dianggap spam.

1. Buat subjek yang menarik 

Photo by Stephen Phillips – Hostreviews.co.uk on Unsplash 

Agar email yang kamu kirimkan menarik perhatian, pastikan subjek yang kamu gunakan menarik.

Perlu kamu ketahui, subjek adalah bagian pertama yang terlihat dalam sebuah email, jadi bisa dibilang subjek adalah gerbang awal kesuksesan email. Jika subjek yang kamu gunakan menarik, maka kemungkinan konsumen untuk membuka email semakin tinggi.

2. Buat konten yang sesuai dengan tujuan 

Setelah membuat subjek yang menarik, tugasmu untuk membuat email marketing yang menarik belum selesai.

Agar email yang kamu kirimkan dapat dikonversikan menjadi penjualan atau kunjungan ke media sosial media dan website-mu, pastikan isi dari email-mu sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan.

Jangan sampai isi dari email tersebut membuat bingung konsumenmu dan akhirnya memasukkan email-mu ke folder spam.

3. Buat tampilan yang responsif 

Tampilan dan keterbacaan email yang nyaman adalah salah satu faktor apakah audiensmu akan membaca email-mu hingga akhir atau tidak.

Selain itu tampilan yang responsif bisa mempengaruhi audiens merespon email sesuai yang kamu inginkan.

4. Kirimkan email sesuai dengan kebutuhan audiens 

Kuantitas dan waktu pengiriman email harus kamu pertimbangkan sesuai dengan audiensmu. Pengiriman email yang terlalu sering dan tidak sesuai kebutuhan audiens bisa membuat email ditandai sebagai spam.

5. Buat email dengan sentuhan personal 

Sebagaimana yang dibahas di atas bahwa kelebihan email marketing adalah dapat diberikan sentuhan personal.

Kamu dapat memberikan sapaan, menggunakan nama audiens agar kamu bisa membangun hubungan emosional dengan para audiens. Dengan begitu secara tidak langsung akan terbentuk loyalitas audiens terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan.

6. Singkat dan padat

Email yang terlalu bertele-tele bisa menyebabkan audiens malas membaca dan melewatkan informasi penting dalam email. Selain itu email yang terlalu panjang juga membuat audiens tidak fokus.

Email marketing yang baik adalah yang terfokus pada satu call to action dan meringkas sebuah informasi singkat, padat, dan jelas.

Nah, itulah pembahasan mengenai email marketing yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan produk dan jasamu.
Pastikan email marketing yang kamu buat sesuai dengan tips di atas ya!