Tahun baru, tren baru. Tentunya, kamu harus mengetahui tren desain grafis terbaru yang bisa kamu implementasikan ke aktivitas marketing bisnismu.

Lalu, apa kamu sudah tahu tren terbarunya? Belum? Nah, kali ini Kinaja akan memberitahumu tren desain grafis 2022.

Visual inklusif atau keragaman visual

Ingatkah kamu dengan Gerakan Black Lives Matter? Apa hubungannya gerakan ini dengan tren desain grafis terbaru?

Tren visual inklusif ini menunjukkan keragaman audiens pada desain. Tidak lagi hanya orang kulit putih saja atau perempuan dengan tubuh yang langsing.

Sekarang gambar dan ikon pada desain pemasaran menampilkan berbagai macam ras, jenis kelamin, dan juga bentuk tubuh.

8 Top Tren Desain Grafis Untuk Marketing 2022 - Kinaja 2
Photo on Venggage

Salah satu yang sudah menggunakan tren ini adalah Trello. Bisa terlihat pada beranda, Trello menampilkan keragaman audiens. 

Ini menunjukkan bahwa Trello atau merek lainnya yang menggunakan tren ini ingin menjangkau audiens baru yang belum mereka layani sebelumnya.

Grafik: visual data yang menarik

Banyak perusahaan, khususnya di bidang kesehatan dan pemasaran, telah menggunakan grafik atau bagan untuk menyampaikan informasi.

Tapi, kali ini ada perusahaan yang tidak menampilkan grafik dan bagan yang sederhana, melainkan dengan visual yang menarik.

8 Top Tren Desain Grafis Untuk Marketing 2022 - Kinaja 3
Photo on Twitter Marketing

Contohnya, Twitter. Pemasaran Twitter membuat bagan dan grafik yang penuh warna mencolok.

Topik yang disampaikan pun menarik perhatian pengguna Twitter. Misalnya, dating, games, atau juga tentang olahraga.

Bold backgrounds

Tren berikutnya adalah penggunaan warna yang lebih berani dan cerah pada background.

Warna backgrounds yang mencolok bertujuan sebagai alat untuk menonjolkan informasi.

8 Top Tren Desain Grafis Untuk Marketing 2022 - Kinaja 4
Photo on Instagram Spotify

Spotify adalah salah satu merek yang menggunakan trend ini. Setahun terakhir, merek ini menggunakan warna-warna mencolok.

Ikon dan ilustrasi yang berwarna

Setelah menggunakan background yang mencolok, ikon dan ilustrasi yang dipakai pun harus berwarna.

Ikon dan ilustrasi merupakan alat pemasaran yang kuat karena mengandung pesan singkat dan telah diterima secara luas.

Ikon dan ilustrasi yang flat ataupun berbentuk 3D bisa kamu pakai.

8 Top Tren Desain Grafis Untuk Marketing 2022 - Kinaja 5

Tahukah kamu, Kinaja juga menggunakan tren ini? Kamu bisa melihatnya di Instagram Kinaja.

Font Serif

Font serif mungkin jenis font yang kuno, tetapi karena terlihat elegan font ini kembali populer di kalangan desainer.

Selain itu, font ini sangat menarik perhatian audiens. 

8 Top Tren Desain Grafis Untuk Marketing 2022 - Kinaja 6
Photo on Venggage

Misalnya, Mailchimp yang menggunakan font serif di halaman website mereka.

Meme

Meme telah menjadi tren di tahun 2021 dan dapat dipastikan hingga tahun depan.

Meski simpel, pesan yang ada di meme mudah dipahami oleh audiens. Makanya, merek menggunakan meme untuk berkomunikasi secara efisien dengan audiens.

8 Top Tren Desain Grafis Untuk Marketing 2022 - Kinaja 7

Kinaja pernah menggunakan meme untuk berkomunikasi dengan audiens di Instagram.

Quotes

Quotes juga menjadi salah satu trend di tahun 2022. 

Biasanya, quotes yang dibagikan dalam visual pemasaran berupa inspirasi. Selain quotes, kamu bisa menambahkan foto orangnya.

Salah satu merek yang menggunakan trend ini ialah LinkedIn.

8 Top Tren Desain Grafis Untuk Marketing 2022 - Kinaja 8
Photo on Twitter LinkedIn Marketing

Social media screencaps

Tren terakhir adalah pemasar membagikan postingan Twitter ke Instagram atau bahkan Twitter sendiri dengan meng-screenshot tweet tersebut.

Lalu, hasil screenshot tersebut akan diberi tampilan background juga. Twitter sendiri pernah menggunakan tren ini.

8 Top Tren Desain Grafis Untuk Marketing 2022 - Kinaja 9
Photo on Twitter Marketing 

Tapi jangan salah sangka ya kalau ini hanya bisa dilakukan dari Twitter ke Instagram, sebab Zoom pernah memposting konten video TikTok ke Twitter dan Instagram mereka.

Nah, bagaimana dengan artikel ini? Semoga dapat memberimu ide untuk konten pemasaran tahun 2022 ya.