Kamu tahu kenapa saat ini banyak brand besar yang melakukan pendekatan kepada konsumennya melalui konten-konten yang unik dan tidak biasa? Contohnya iklan MS Glow yang diperankan oleh Babe Cabita dan Marshel Widianto.

Perlu kamu ketahui, berkembangnya dunia periklanan dan munculnya media sosial mengakibatkan pendekatan pemasaran yang berbeda kepada konsumen.

Saat ini masyarakat tidak terlalu tertarik dengan strategi pemasaran yang dilakukan hard selling. Konten yang memiliki alur cerita dan menghibur menjadi strategi yang sangat efektif .

Hal inilah yang menyebabkan konten marketing menjadi salah satu hal yang perlu diketahui pengusaha ataupun content creator.

Melansir Content Marketing Institute, konten marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang melibatkan pembuatan dan pendistribusian konten yang penting, relevan, dan dilakukan secara konsisten yang bertujuan untuk menarik perhatian audiens dan akhirnya dapat dikonversikan menjadi konsumen.

Sama halnya dengan Kinaja.id, yang selalu berinovasi dalam membuat konten yang dapat meningkatkan minat audiens terhadap sebuah produk maupun jasa.

Lalu apa saja manfaat konten marketing untuk sebuah brand?

Photo by Nick Fewings on Unsplash 

1. Membangun loyalitas customer 

Dengan memberikan informasi yang bermanfaat secara gratis kepada konsumen, maka akan terbangun hubungan brand dengan konsumen.

Ini karena konten informatif yang kamu buat memberikan manfaat bagi konsumen dan membuat mereka jadi pembaca setia. Otomatis, mereka akan mulai mengenal dan mengeksplor brand-mu. Nah, jika kamu membuat konten secara konsisten, maka konsumen akan semakin familiar dengan brand-mu.

2. Membuat brand memiliki pengaruh penting

Konten informatif yang kamu buat secara konsisten akan memberikan pengaruh penting dalam kehidupan konsumenmu. Contohnya, ketika kamu sering membuat konten tutorial, maka tutorial tersebut diaplikasikan dalam keseharian konsumenmu.

Dengan begitu, konsumen akan merasa brand-mu memiliki nilai, sehingga kepercayaan mereka juga akan semakin meningkat.

Hal ini juga yang dilakukan oleh kinaja.id dalam setiap konten yang diproduksi agar konsumen dari client mendapatkan nilai yang bermanfaat.

3. Dapat menjadi alat mengenal audiens secara lebih dalam

Ketika mempublikasikan konten, maka kamu akan mendapatkan feedback dari audiens. Dari feedback tersebutlah kamu dapat menggali insight dari para konsumen kamu untuk jadi bahan analisis konsumen.

 Jika hal ini kamu dapatkan secara konsisten, secara tidak langsung kamu semakin mengetahui demografi dan keinginan konsumenmu.

Nah, di bawah ini adalah langkah-langkah untuk membuat konten marketing yang baik.

Photo by russn_fckr on Unsplash 

1. Riset konten

Menurut Search Engine Journal, gagasan akan menentukan apakah kontenmu akan diingat atau dilupakan oleh audiensmu.

Nah, oleh karena itu, riset merupakan hal penting yang harus dilakukan agar kontenmu tersampaikan dengan baik kepada audiens.

Kamu bisa menjadikan kompetitormu sebagai patokan untuk membuat konten yang lebih baik.

2. Riset Keyword

Kamu ingin kontenmu dilihat oleh audiens? Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah riset keyword. Jika kamu menggunakan keyword yang sudah sering digunakan, maka kemungkinan kamu akan kalah saing.

Namun jika kamu melakukan riset keyword, maka kamu akan mengetahui keyword mana yang tepat untuk brand-mu.

Misalnya, dalam membuat artikel atau menulis blog, riset keyword menjadi penting. Menggunakan keyword yang tepat bisa membuat tulisanmu nongkrong di halaman pertama mesin pencarian.

3. Membuat judul yang menarik

Konten yang baik akan tidak maksimal tanpa judul yang menarik, menurut Neil Patel, judul yang baik akan menarik lebih besar perhatian dari pembaca atau audiens.

Poin ini tidak hanya berlaku di konten tulisan saja, konten visual pun memerlukan judul yang bagus agar bisa menarik konsumen.

4. Membuat sudut pandang yang unik

Sebuah sudut pandang yang unik akan membuat kontenmu berbeda dengan yang lain. Selain itu, keunikan yang kamu berikan akan membentuk ciri khas dalam konten.

Nah, untuk mendapat sudut pandang tersebut kamu bisa lakukan riset kompetitormu. Dengan itu, kamu akan bisa menganalisis kelebihan dan kekurangan dari konten tersebut, kemudian memodifikasi atau membuat konten baru yang tak kalah unik dan kreatif.

5. Mengemas konten dengan menarik

Nah, ini merupakan salah satu poin penting yang harus kamu lakukan. Sebagaimana yang dibahas di awal, saat ini konsumen lebih menyukai iklan yang menarik dan memiliki alur.

Hal ini bisa kamu aplikasikan di platform online maupun offline.

Jika kamu bekerja sama dengan kinaja.id, maka hal ini akan menjadi poin yang selalu ditonjolkan dalam konten agar menarik dan menimbulkan loyalitas di benak konsumen.

Nah, itulah beberapa penjelasan dan tips mengenai konten marketing yang bisa kamu aplikasikan dalam membuat konten.

Jika kamu ingin membuat konten yang menarik, langsung saja hubungi kinaja.id melalui DM atau email hello@kinaja.id. Dengan mempercayakan urusan konten pemasaran kepada Kinaja, konten yang kamu inginkan akan dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman dalam bidang pemasaran dan iklan.

Kami tunggu kunjunganmu ya!