Kamis (10/11/2021) kemarin, kelakuan lucu selebgram Fadil bikin heboh netizen karena konten endorse ala pedagang pasar kaki lima miliknya. Bahkan, konten tersebut trending di Twitter, dengan hashtag #Fadil.

Jadi, Fadil mempromosikan koleksi pakaian dari beberapa online store pada postingan Instagram Story-nya. 

Konten yang dibuat oleh Fadil bisa viral karena dirinya mampu membuat konten yang unik dan menarik perhatian netizen. Fadil juga memanfaatkan emotional appeal penonton yang berfungsi untuk memicu emosi seorang saat melihat konten atau informasi yang diberikan. 

Dengan bertingkah seperti pedagang pasar kaki lima, memasangkan baju ke manekin ataupun digantung, serta seolah-olah sedang berbicara secara langsung dengan pelanggan, seperti:

Boleh bunda, tanya dulu bunda, mau cari apa?.. Kemeja, jaket, baju, semuanya ada,” ucap Fadil di Instagram Story-nya.

Ditambah lagi, dengan kehadiran Pak Mul yang tentunya membuat netizen tertarik melihat tingkah lucu mereka dalam kegiatan endorse tersebut. 

Oh iya, asal kalian tahu kegiatan yang dilakukan oleh selebgram sekaligus YouTuberr ini disebut dengan influencer marketing. Influencer marketing merupakan salah satu metode promosi digital yang efektif untuk digunakan. 

Lalu, apa sih influencer marketing itu? Influencer marketing merupakan salah satu strategi marketing perusahaan dengan mengajak influencer bekerja sama untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan sesuai dengan target pasar yang ditentukan.

Maka tak heran bila pemilik bisnis sering menggunakan influencer atau selebgram untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. 

Terdapat 4 manfaat yang bisa diperoleh ketika menggunakan influencer. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Membuat produk menjadi pusat perhatian

Menggandeng orang terkenal dapat membuat produkmu menjadi pusat perhatian. Sebab, setiap aktivitas yang dilakukan oleh influencer pasti dilihat oleh follower-nya. Terlebih  apabila influencer tersebut dapat membuat konten yang unik dan menarik seperti Fadil. 

  1. Meningkatkan penjualan
Menyontek Ilmu Influencer Marketing dari Selebgram Fadil - Kinaja 2
Photo by Carlos Muza on Unsplash

Makin banyak orang mengetahui produkmu, makin banyak penjualan yang dapat dihasilkan.

Tentunya, untuk meningkatkan penjualan kamu bisa mempromosikannya melalui iklan TV, atau majalah, hingga billboard. Tetapi, jangan lupa kalau saat ini pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 170 juta, dengan rata-rata waktu mengakses hampir 3,5 jam tiap harinya.

Apabila kamu mengajak influencer untuk mempromosikan produkmu, dijamin informasi tentang produkmu akan diketahui oleh follower-nya. Sehingga, peluang untuk menjangkau konsumen lebih banyak bisa tercapai dengan mudah.

  1. Membuat konsumen lebih percaya dengan produkmu

Membangun kepercayaan konsumen dengan menggunakan influencer dapat langsung terbentuk dibanding mempromosikan produk dengan cara konvensional.

Apabila influencer menggunakan atau merekomendasikan suatu produk, maka follower-nya langsung mempercayai produk tersebut. Sebuah survei menunjukkan 53% konsumen wanita melakukan pembelian produk setelah melihat posting dari influencer.

  1. Cenderung mudah balik modal
Menyontek Ilmu Influencer Marketing dari Selebgram Fadil - Kinaja 3
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Tahu gak sih, kemungkinan kamu mendapatkan return of investment (ROI) yang cukup besar ketika kamu menggunakan influencer?

Yup, bahkan salah satu survei mengatakan bahwa influencer bisa mencapai ROI 11 kali lebih besar dari iklan banner. Dengan kata lain, kamu bisa lebih mudah balik modal, deh!

Nah, sekarang kamu sudah mengerti kan alasan pemilik bisnis mengajak influencer seperti Fadil untuk mempromosikan produk mereka? Kalau kamu pemilik bisnis coba pertimbangkan strategi influencer marketing ini ya! Semoga bisa membantu!