Untuk kamu para pemilik bisnis, khususnya para marketer, jika pernah melakukan pencarian Google atau memantau suatu media secara manual untuk menggali informasi baru,  produk keluaran Google ini akan sangat bermanfaat untuk menunjang analisis kompetitor. 

“Benarkah, Apa itu?”

Namanya, Google Alert. Sebenarnya tak ada yang spesial, Google Alerts pada dasarnya hanyalah layanan pemberitahuan gratis yang disediakan oleh Google melalui email ke pelanggan, yang merangkum aktivitas pencarian seputar istilah pencarian. 

Pemberitahuan ini bisa berasal dari Pencarian Blog, Website, Video, News, maupun grup. Contoh Web Alerts, kamu akan diberi tahu oleh Google bahwa ada halaman web yang baru muncul dalam 20 besar dari hasil pencarian Google web yang mereka lakukan.

Google Alert ini tidak berfungsi seperti buletin harian yang selalu update setiap harinya, Google Alert ini memerlukan waktu beberapa hari untuk mengindeks halaman baru saat dibuat. 

Tapi, bagi banyak Social Media Marketer, menggunakan Google Alerts hampir sama baiknya dengan mendapatkan pembaruan waktu nyata tentang masalah penting dari seluruh web. Dan hal ini lebih efisien ketimbang mencari setiap kata kunci di kolom pencarian.

Pantau Perkembangan Kompetitor dan Brandmu dengan Google Alert - Kinaja -3
Photo : NeONBRAND on Unsplash

Mungkin, ada sebagian yang tidak tertarik dengan layanan ini atau mungkin memang belum mengenal sepenuhnya. Padahal, Google Alerts memberikan manfaat yang sangat besar bagi penggunanya, entah itu bagi blogger ataupun website perusahaan.

“Apa Manfaatnya kita menggunakan layanan ini?”

Selain efisiensi, Google Alerts memiliki banyak manfaat yang amat potensial untuk para pelaku pemasaran. Salah satunya, Google Alerts dapat memudahkan kamu melacak perkembangan brand perusahaan di internet.

Kamu mungkin sedikit penasaran tentang apa yang pelanggan katakan soal brand-mu, bukan? Apakah pelanggan membicarakan hal-hal positif terkait brand-mu atau justru hal-hal negatif?

Hal itu bisa kamu ketahui dengan menggunakan Google Alerts. Juga, kamu bisa melacak pergerakan dari kompetitor-mu hanya dengan menggunakan layanan ini. 

Photo by Maxim Ilyahov on Unsplash

Caranya, kamu tinggal menuliskan brand-mu dan kompetitor, di Google Alerts. Nanti, layanan ini akan memberikan seluruh hasil penelusuran mengenai berita atau artikel brand perusahaanmu juga kompetitor mu.

“Sebentar, apa tidak ada penjelasan rinci soal alur penggunaan Google alert dari awal?”

  1. Tentu ada. Langkah pertama, kamu hanya perlu membuka browser dan langsung masuk ke situs web https://www.google.com/alerts, situs ini akan membawamu pada beranda dari Google Alerts. Setelah masuk ke beranda, pastikan akun Google Play kamu telah log in, selanjutnya kamu bisa memasukkan frase kata kunci yang ingin kamu cari.
  1. Perhatikan kata per kata yang dipisah dengan koma saat kamu mengetik, atau kamu bisa memilih frase pilihan yang disediakan Google pada halaman bawah mesin pencarian. Lebih enaknya lagi, kamu juga bisa memilih frase dari berbagai sumber seperti buku, video, ataupun blog sesuai dengan keinginan.
  1. Setelah menemukan istilah atau frase yang diinginkan, klik ‘Create the Alert’ dan masukkan alamat email yang valid untuk Google mengirimkan hasil pencarian kamu dari frase pilihan tersebut. 
Photo by Brett Jordan on Unsplash

Selanjutnya kamu akan menerima email dari Google Alert untuk memilih konfirmasi atau batalkan pencarian yang sebelumnya kamu pilih. Jika kamu mengkonfirmasi, kamu akan mulai menerima pemberitahuan dari istilah atau frase yang kamu pilih sebelumnya. 

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengatur kapan hasil pencarian tersebut dikirimkan ke email kamu, frekuensi pengiriman hasil pencarian, seberapa banyak hasil pencarian yang ingin diterima, bahasa, dan juga berbagai hal lainnya. 

Agar mendapatkan berita terkini mengenai apa saja, mulai dari industri olahraga, pakaian, dan lain-lain, kamu bisa membuat alert sebanyak-banyaknya, bahkan sampai 1.000 alerts. Ya benar, tapi kamu harus mengorganisasinya dengan pintar, karena hal ini otomatis akan menggunakan akun Gmail yang cukup banyak.

Selepas semua hal diatur sesuai dengan keinginan, kamu bisa menekan ‘Alerts’ dan mulai saat itu juga email kamu akan menerima hasil penelusuran sesuai dengan frase atau kata kunci pilihan sebelumnya. Mudah bukan?

Apa kamu mulai tertarik memantau brand-mu dan kompetitor lewat google alert? Tinggalkan komentar di bawah!