Zaman ini banyak pebisnis yang berbondong-bondong mempromosikan bisnisnya di digital dibandingkan media konvensional. Sehingga tak heran bila digital marketing merupakan pekerjaan yang dicari saat ini.
Apa itu Digital Marketing?
Digital marketing merupakan upaya pemasaran produk dengan menggunakan internet atau media digital. Misalnya, Facebook, Google Bisnisku, Whatsapp Bisnis, dan sebagainya.
5 Kelebihan Digital Marketing
Tentunya terdapat kelebihan yang bisa kamu temukan di digital marketing daripada offline marketing. Berikut adalah beberapa contoh kelebihannya :
- Mudah menjangkau target pasar yang lebih luas. Ditambah dengan 70% orang lebih suka mencari informasi produk di internet atau media digital daripada iklan tradisional atau offline marketing lainnya.
- Lebih mudah dan cepat menjalin komunikasi dua arah dengan calon pelanggan.
- Kamu dapat mengukur traffic website-mu sehingga kamu harus meningkatkan SEO untuk meningkatkan jumlah audiens yang datang. Bila kamu menggunakan offline marketing, sulit untuk mengetahui berapa banyak orang yang tertatik dengan produkmu sebelum mereka membelinya.
- Lebih menghemat waktu saat melakukan kegiatan promosi lewat media digital.
- Bebas menentukan waktu pelaksanaan program pemasaran.
7 Strategi Digital Marketing
Tentunya, kamu perlu menerapkan beberapa strategi untuk mengoptimalkan hasil penjualan produkmu. Kali ini, Kinaja akan memberikan 7 strategi digital marketing yang bisa kamu terapkan.
- Website
Website digunakan sebagai pengganti toko offline bisnismu dan sumber informasi bagi calon pelanggan. Kamu bisa memajang produk-produk di sana dan sekaligus melayani transaksi pelanggan.
Website sangat penting bagi bisnis sebab bisnis yang tidak punya website berpotensi kehilangan 70-80% calon pelanggannya.
Adanya website dapat memudahkan bisnis ditemukan oleh calon pelanggan. Sebab dengan optimasi SEO, website dapat muncul di halaman pencarian Google.
Ada beberapa cara membuat website. Mulai dari menggunakan jasa pembuatan website hingga menggunakan WordPress dengan membeli domain dan berlangganan hosting.
- Copywriting
Sebagai seorang digital marketing, ada satu teknik yang perlu dikuasai yaitu copywriting. Copywriting merupakan teknik untuk meramu tulisan menarik dan unik agar banyak orang yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Strategi ini dapat membujuk calon pelanggan untuk bertransaksi, men-download, share atau komen konten, dan sebagainya.
Copywriting dapat digunakan diberbagai platform, mulai dari blog, iklan, media sosial, hingga newsletter yang berbentuk e-mail.
- SEM
Biasanya dalam mempromosikan produknya, pebisnis akan menggunakan iklan. Salah satunya yaitu search engine marketing (SEM).
SEM merupakan upaya mengiklankan website di halaman pencarian Google. Tetapi, hasil SEM lebih cepat daripada SEO, lho.
Sebab, SEM akan langsung menempatkan website-mu pada halaman teratas Google sesuai dengan bayarannya.
Tidak seperti SEO yang gratis, SEM perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Sehingga perlu pertimbangan matang-matang sebelum memakai strategi ini ya!
- SEO
Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya optimasi mesin pencari agar website atau artikel muncul di peringkat atas halaman pencarian Google.
SEO juga efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung dalam jangka panjang. Jika banyak pengunjung datang ke website dan membeli produk, maka ada kemungkinan revenue-mu meningkat 40%.
Tetapi, perlu diingat bahwa algoritme Google selalu berubah-ubah. Makanya, selalu rutin mengecek perkembangan algoritme Google.
- Content Marketing
Strategi untuk membuat dan mendistribusikan konten kreatif yang mampu menarik perhatian calon pelanggan disebut dengan content marketing.
Content marketing merupakan strategi yang mudah menjangkau audiens. Sebab, strategi ini dapat diterapkan di berbagai platform.
Berikut adalah beberapa platform yang bisa dipakai untuk content marketing :
- Blog merupakan jenis website yang berisi konten artikel.
- Ebook merupakan elektronik book yang dapat diunduh oleh konsumen.
- Email Marketing merupakan salah satu cara marketing dengan mengirimkan informasi tentang produk lewat email.
- Video Marketing merupakan upaya marketing dengan menggunakan konten video.
- Social Media Marketing merupakan upaya marketing dengan memanfaatkan media sosial.
- Native Advertising
Native Advertising adalah iklan yang menyamar sebagai kontem biasa pada media sosial.
Iklan yang terkesan bukan seperti iklan pada umumnya menarik perhatian audiens. Faktanya, native advertising sebanyak 53% lebih mungkim dilihat daripada iklan biasa.
Strategi ini juga pernah dipakai oleh BuzzFeed, Netflix, Gojek.
- Affiliate Marketing
Kamu dapat mengajak orang lain untuk menjual produkmu. Sistem ini disebut dengan affiliate marketing.
Jadi, affiliate marketing merupakan strategi perusahaan untuk bermitra dengan orang lain (affiliator), dan orang tersebut akan mendapatkan komisi apabila bisa menjual produk bisnismu melalui link tertentu.
Strategi ini dipercayai dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Sebab, affiliator menggunakan sistem word of mouth atau dari mulut ke mulut.
Selain itu, risiko yang didapatkan pebisnis kecil karena dia baru membayar komisi saat affiliator berhasil menjual produknya.
Affiliate marketing juga pernah dipakai oleh perusahaan start-up seperti Tokopedia dan Bibit.
Nah, itulah 7 strategi digital marketing yang Kinaja bisa berikan. Oh iya, kalau kamu bingung mau membuat konten seperti apa untuk bisnismu Kinaja dapat membantumu, lho! Tinggal hubungi saja di Kinaja.id.
Merasa Buntu? Ini Dia 4 Tips Cepat Untuk Dapat Ide Konten! - Kinaja
[…] lagi untuk mencari ide konten. Untuk mengoptimalkan marketing perusahaanmu, jangan lupa pelajari strategi digital marketing di blog Kinaja. Semoga […]