Membangun bisnis memang bukan hal yang mudah. Agar bisnismu sukses, kamu harus membuat brand-mu dikenal dan diingat oleh banyak orang. Bagaimana caranya?
Kali ini, Kinaja ingin mengenalkan kamu dengan brand management. Salah satu bagian penting dalam strategi pemasaran ialah brand management.
Apa itu brand management? Brand management adalah proses menciptakan, merancang, dan memelihara merek secara konsisten sesuai kebutuhan pasar.
Strategi ini dapat membuat brand-mu diingat, dikenal, dan dicari oleh konsumen dengan memberikan kesan yang mendalam bahwa brand-mu cenderung berbeda dengan kompetitor. Sehingga tak heran bila brand management sangat penting dilakukan oleh marketer.
4 alasan mengapa brand management penting
- Peningkatan Penjualan
Brand management penting sebab teknik yang digunakan itu dirancang untuk meningkatkan penjualan produk. Sehingga, bisnismu tumbuh seiring dengan meningkatnya penjualan dan keuntungan yang didapatkan.
- Meningkatkan Brand Awareness
Kamu harus meningkatkan kesadaran merek agar menjangkau banyak orang. Semakin banyak orang yang sadar dan mempercayai brand-mu, maka semakin banyak konsumen yang membeli brand-mu. Meningkatkan brand awareness dapat melalui iklan, media sosial, content marketing, dan sebagainya, agar calon konsumen
- Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Proses brand management berfokus pada bagaimana brand-mu dapat memperkuat hubungan yang kamu miliki dengan konsumenmu. Hal ini dapat dicapai dengan berfokus pada kebutuhan dan kepuasan konsumen yang menghasilkan loyalitas pelanggan terhadap brand-mu.
- Membantu dalam Brand Expansion
Brand management membantumu mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan brand-mu, termasuk: kebutuhan dan preferensi pelanggan, sumber daya yang dapat dimanfaatkan, dan kondisi pasar.
Apa saja jenis brand management?
Setelah kamu mengetahui manfaatnya, saatnya kamu mengetahui dua jenis brand management.
- Intangible components: komponen tidak berwujud yang dirasakan oleh target audiensmu. Terdiri dari brand awareness, brand equity, brand loyalty, brand recognition, dan brand reputation.
- Tangible components: merupakan komponen kasat mata yang bisa dilihat untuk menarik pelanggan.
Elemen ini terdiri dari nama brand, logo, palet warna, tipografi, dan packaging.
5 strategi brand management
Pada pembahasan terakhir ini, Kinaja akan memberikan referensi 5 strategi brand management yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan bisnis.
Hati-hati melihat dan menentukan segmen pasar
Hal pertama yang selalu dilakukan oleh pebisnis ialah menentukan segmentasi pasar. Kamu perlu melihat pasar secara berbeda dankemudian menentukan segementasinya.
Kamu perlu mengobservasi kondisi pasar, situasi persaingan di pasar, kebutuhan calon pelanggan, serta mempelajari keunggulan dari kompetitormu.
Menentukan brand positioning
Hadirnya berbagai macam brand tentunya membuat konsumen harus memilih satu dari berbagai produk brand. Supaya konsumen memilih brand-mu, maka kamu dapat melakukan brand positioning.
Brand positioning adalah penempatan posisi brand di tengah masyarakat. Kamu dapat menunjukkan keunggulan produkmu dibandingkan produk lain agar konsumen memilih brand-mu.
Menentukan brand identity
Brand identity adalah kepribadian atau identitas bisnismu dan janji yang kamu buat kepada pelanggan. Kamu dapat menciptakan karakteristik brand dengan mempertimbangkan target pasar.
Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan karakter unik pada visual brand-mu yang dapat membedakan brand-mu dengan yang lain. Sehingga konsumen dapat mengetahui bahwa produk tersebut berasal dari brand-mu. Misal, adanya Kolonel Sanders dalam logo KFC.
Ciptakan nama brand dan slogan bisnismu yang unik
Langkah berikutnya ialah menentukan nama brand. Nama brand perlu diperhatikan karena mempengaruhi faktor lain seperti logo, domain situs web, dan merek dagang.
Nama harus unik, mudah diingat, diperluas, dan sulit ditiru. Selanjutnya, kamu pun dapat menciptakan slogan yang merangkum “semangat” atau “nyawa” dari brand value maupun brand positioning kamu.
Atau, kamu juga bisa membuat slogan yang unik dan ringkas, mewakili visi dan misi perusahaan, serta mudah diingat konsumen, seperti Coca Cola dengan slogan terbarunya yaitu “Real Magic”
Membuat visual brand yang menarik
Strategi terakhir brand management adalah membuat visual brand yang menarik. Lalu, apa saja komponen visual brand itu?
Visual brand terdiri dari penggunaan warna, font, hingga desain logo produk.
Pemilihan warna, font, dan logo pada brand perlu disesuaikan dengan karakteristik serta visi dan misi perusahaanmu. Tentunya, logo perlu dibuat menarik, unik, dan mudah diingat.
Nah, sekarang kamu sudah tahukan pentingnya brand management buat bisnismu. Kalau begitu, yuk, cepat lakukan 5 langkah di atas, supaya brand kamu bisa lebih berdaya saing dan stand out di antara para kompetitor!