Kamu pasti tahu bahwa seluruh perusahaan tentu harus memiliki seorang marketer. Marketer bertugas untuk memastikan seluruh produk luaran dari sebuah perusahaan berhasil dipasarkan sesuai dengan target dan rencana yang sudah ditetapkan sebelumnya. Itulah mengapa sebuah perusahaan kerap kali mencari seorang marketer yang sudah berpengalaman dalam menciptakan marketing yang baik. 

Menjadi seorang marketer tentu pekerjaan yang tidak mudah. Mengapa, karena bisa saja pasar dan target yang telah ditetapkan dengan matang belum tentu tercapai. Untuk itu kamu perlu yang namanya skill atau kemampuan yang mumpuni untuk menjadi seorang marketer. Kemampuan ini bisa kamu dapatkan dari hasil belajar, kerja keras, dan kemauan yang tinggi. 

Ada banyak sekali platform yang bisa kamu gunakan untuk belajar secara otodidak. Ada pula berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan marketing untuk membantumu belajar. Tapi sebelum itu, kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja sebenarnya skill atau kemampuan yang harus dimiliki seorang marketer. Untuk itulah di bawah ini Kinaja akan membahasnya satu persatu! Semoga bisa bantu kamu tertarik menjadi seorang marketer handal ya. Yuk di simak!

Photo: Startup stock on Pexels.com

1. Kemampuan untuk menciptakan konten

Skill pertama yang harus dimiliki seorang marketer adalah kemampuan menciptakan konten. Mengapa ini sangat dibutuhkan, karena menarik publik untuk menyukai produk yang kamu tawarkan, tentu harus dengan konten yang menarik pula. Konten yang menarik terlahir dari strategi dan imajinasi yang kamu bangun. Dengan melakukan promosi lewat konten yang menarik, maka target pasar yang telah kamu tentukan akan tercapai. 

Bukan hal yang mudah untuk menciptakan konten yang kreatif. Untuk itu kamu harus perlu belajar dari ahlinya karena akan banyak sekali tools dan pengetahuan yang kamu butuhkan dalam menciptakan konten. Mulai dari pengetahuan membuat iklan berupa foto dan video atau gabungan keduanya, sampai pengetahuan akan media marketing

Photo: Lukas on Pexels.com

2. Kemampuan riset dan analisis

Kemampuan kedua yang harus dimiliki seorang marketer adalah kemampuan riset dan analisis. Mencari pasar yang tepat untuk mulai mempromosikan produk tentu harus dilakukan lewat riset dan nalisis terlebih dahulu. Kamu harus mahir dalam melakukan riset dan analisis pasar untuk selanjutnya menetapkan strategi atau langkah yang harus diambil. Strategi tersebut dapat digunakan untuk menilai perilaku pembeli, menghitung laba, hingga menilai kinerja dan taktik yang harus dan sudah dilakukan.

3. Kemampuan storytelling

Kemampuan terakhir yang tak kala penting adalah kemampuan story telling. Membacanya mungkin terlihat sedikit sepele dan mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, kemampuan ini terbilang cukup sulit karena pesan yang ingin kamu sampaikan harus dipastikan sampai kepada calon konsumen. Mengapa, karena di zaman yang serba digital saat ini, promosi yang dilakukan marketer bukan lagi dilakukan secara langsung, akan tetapi lewat media digital. Proses inilah yang disebut storytelling.

Photo: Suzy Hazelwood on Pexels.com

Proses ini menuntut kamu untuk dekat dengan calon konsumen secara tidak langsung, entah itu lewat tulisan, foto, video, dan lain-lain. Segala media marketing yang digunakan harus bisa kamu rancang sedemikian rupa agar pesan yang ingin kamu sampaikan dapat menarik calon konsumen untuk mencoba produkmu. Pesan yang tersampaikan dengan baik pun akan memunculkan kepercayaan yang berdampak pada pembelian. 

Nah itu dia kemampuan yang harus kamu miliki untuk menjadi seorang marketer. Perlu kamu ingat, bahwa menjadi seorang marketer membuat seseorang harus bisa memahami pekerjaannya. Jika tidak, kegagalan dalam marketing sebuah produk akan berpengaruh terhadap perusahaan tempat produksinya. Jadi, pastikan bahwa kamu memiliki kemampuan diatas ya.

Oh iya, jika kamu bingung membuat desain dalam mempromosikan produkmu, kasih ke Kinaja aja! Kinaja akan siap menciptakan desain kreatif dan menarik yang siap membuat produkmu dilirik calon konsumen loh. Yuk, kunjungi sekarang! 

Sumber: ekrut.com and glints.com