Pasti di antara kamu ada yang pernah mengalami saat ingin membeli air mineral yang dijual di pasaran, kamu akan menyebutkan kata “Aqua” tanpa sadar. Padahal kamu pasti tahu bahwa air mineral memiliki jenis dan nama yang beragam dan bukan hanya merek dengan nama “Aqua” saja. Kondisi inilah yang dinamakan salah satu kesadaran merek yang sangat kuat terjadi di masyarakat. Merek “Aqua” bukan hanya membuat masyarakat kenal dengan produk mereka tapi juga membuat semakin banyak orang tak kenal usia mengonsumsi Aqua sehari-hari. Hal ini juga yang menandakan bahwa brand Aqua telah berhasil menciptakan dan mempertahankan marketing campaign dari pertama muncul dengan sukses menanamkan nama Aqua di benak masyarakat sebagai air mineral pertama dalam kemasan.

Lalu apa sih sebenarnya marketing campaign itu? Di bawah ini Kinaja akan beri kamu sedikit penjelasan apa itu marketing campaign dan rencana yang harus dilakukan dalam membuat marketing campaign. Marketing campaign atau yang biasa disebut sebagai kampanye pemasaran merupakan istilah umum yang dipakai pada saat ingin memasarkan produk sebuah perusahaan ataupun bisnis. Marketing campaign adalah suatu tindakan yang terorganisir dan terencana serta sengaja dibuat untuk mencapai tujuan tertentu seperti meningkatkan kesadaran atas adanya sebuah produk atau untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Yang dimaksud dengan tujuan tertentu biasanya merujuk pada tujuan-tujuan yang sebelumnya tidak pernah ditetapkan oleh perusahaan atau bisnis seperti mengubah target audiens yang sebelumnya tidak pernah dilakukan perusahaan atau bisnis tersebut. Sedangkan untuk feedback dari pelanggan biasanya dilakukan dengan metode baru yaitu khusus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan produkmu. Marketing campaign juga biasanya dikemas dengan ide, gagasan, dan cara yang kreatif agar mengundang masyarakat atau pelanggan tertarik untuk menggunakan atau mengingat nama brand kamu kapan saja dan di mana saja. 

Ada saat-saat atau momen yang tepat di mana kamu sangat disarankan untuk menerapkan marketing campaign, yaitu saat peluncuran produk. Peluncuran produk tentu berhubungan dengan kebaruan dan keunikan produk tersebut dibanding produk-produk sebelumnya. Sehingga otomatis kamu pasti menginginkan produkmu yang baru saja diluncurkan harus memiliki kebaruan juga dalam hal pemasaran. Untuk itulah produk baru yang ingin kamu luncurkan sangat disarankan menggunakan marketing campaign yang sudah direncanakan secara baik dan matang karena akan berpotensi dikenal semakin banyak masyarakat luas dan nama brand-mu semakin diingat. Produk yang baru kamu luncurkan tentu diharapkan dapat mencapai target yang telah ditentukan serta tepat sasaran. Untuk itu marketing campaign menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat untuk menjangkau pelangganmu.

Merencanakan marketing campaign tidak semudah yang kamu bayangkan, loh. Butuh waktu yang ekstra dan ide yang cemerlang untuk membuat produk dan brand-mu dikenal banyak orang seperti brand Aqua yang disebutkan di atas. Tenaga dan idemu sangat diperlukan untuk menghasilann marketing campaign yang unik, menarik dan menjangkau pasar atau target audiensmu dengan baik. Dengan menetapkan rencana marketing campaign terlebih dahulu, kamu akan selangkah lebih maju dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan produkmu. Tapi tenang saja, di bawah ini Kinaja akan kasih kamu beberapa perencanaan marketing campaign yang bisa kamu susun sebelum waktu peluncuran produkmu tiba. Meskipun tidak terlalu membantu, namun dijamin kamu akan sedikit mendapat gambaran dalam merencanakan marketing campaign. Yuk disimak!

1. Tetapkan tujuan marketing campaign

Photo: Headway on Unsplash

Hal pertama harus dilakukan adalah menentukan tujuan marketing campaign produk yang ingin kamu luncurkan. Pikirkan baik-baik tujuan dan target apa yang sebetulnya kamu inginkan setelah marketing campaign sudah selesai dilakukan. Dengan begitu, kamu akan dimudahkan menemukan langkah dan cara apa yang harus diterapkan pada marketing campaign-mu. Menetapkan tujuan dan target pun sangat penting untuk membuatmu tidak bingung saat mengerjakan konsep marketing campaign seperti bingung siapa target audiens, tujuan peluncuran produk untuk apa, target penjualan, dan lain-lain.

Misalnya kamu ingin menargetkan brand awareness dari masyarakat untuk produk barumu, cobalah memikirkan cara terbaik untuk hal itu seperti membuat iklan di semua media, baik cetak maupun online agar produkmu semakin dilirik banyak orang.  

2. Bikin konsep semenarik mungkin

Photo: Leon on Unsplash

Ini menjadi salah satu rencana yang wajib disusun sedemikian rupa. Pasalnya keberhasilan sebuah marketing campaign ada pada konsep yang matang dan menarik. Untuk membuat masyarakat atau target audiens kamu sadar akan produk yang diluncurkan, kamu harus benar-benar serius saat memikirkan konsep agar hasilnya sesuai dengan tujuan yang telah kamu tetapkan terlebih dahulu. Selain itu, konsep yang kamu ingin buat haruslah sesuai dengan target audiensmu. Misalnya seperti apa karakter yg kamu sasar, rentang usia target audiensmu, seperti apa gaya hidup mereka, dan lain-lain.

3. Rencana untuk menjalanlan marketing campaign

Photo: Melanie Deziel on Unsplash

Setelah kamu menyusun konsep dengan baik, mulailah untuk menjalankan marketing campaign-mu. Menjalankan marketing campaign harus kamu lakukan dengan melihat kondisi tempat kamu melakukan marketing campaign. Misalnya kamu ingin meluncurkan produk hand sanitizer, maka akan lebih tepat jika marketing campaign dilakukan saat adanya pandemi Covid-19. Jika peluncuran hand sanitizer dilakukan saat kondisi tidak mengharuskan menggunakan hand sanitizer, maka marketing campaign yang kamu lakukan akan berujung sia-sia.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jam sibuk target audiensmu. Jika audiens yang kamu sasar merupakan ibu rumah tangga, maka jam yang tepat untuk menjalankan marketing campaign adalah pagi hari di jam anak masuk sekolah. Berbeda jika target audiensmu merupakan remaja dan mahasiswa, kamu bisa menetapkan jam yang tepat untuk menjalankan marketing campaign seperti siang dan malam hari. 

Nah, itu dia beberapa rencana yang bisa kamu terapkan dalam memulai dan menjalankan marketing campaign untuk peluncuran produk barumu. Jika kamu kebingungan dalam membuat desain iklan yang akan dipakai pada marketing campaign-mu, Kinaja bisa jadi solusinya loh. Di Kinaja, kamu akan dibuatkan iklan yang menarik dan sesuai dengan target audiensmu.  Kamu hanya perlu menunggu sampai desain yang kamu impikan selesai dan tidak perlu membuang tenaga dan pikiranmu. Tunggu apalagi? Yuk kunjungi Kinaja sekarang!

Sumber: Glints.com dan niagahoster.co.id