Instagram telah tumbuh sebagai platform social media yang besar sejauh ini. Beberapa hal mulai bergeser ke instagram dan mulai dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran yang baru oleh banyak pelaku bisnis. 

Makin lama, makin banyak aktivitas marketing maupun branding yang dilakukan atau dimulai dari Instagram. Salah satunya adalah Engagement, yang menurut pakar komunikasi Wilbur Schramm secara sederhana berarti komunikasi dua arah. 

Beragam pertanyaan beredar di internet, soal bagaimana meningkatkan Engagement di Instagram. Jawaban yang disajikan oleh media dan pakar pun cukup banyak. 

Tapi menurut kami, ini adalah 6 Tips Meningkatkan Engagement di Instagram Yang Paling Baik. Apa saja? Simak selengkapnya!

Konten Yang Memuaskan

Penting untuk memberikan konten yang dibutuhkan pengikut kamu, dan bisa jadi solusi atas permasalahan yang mereka hadapi. Atau minimal jadi hiburan yang mewarnai hari-hari mereka.

Sebagai contoh, posting video lucu atau kamu bisa mengunggah teks yang dipadukan dengan image berdesain menarik tentang review suatu buku, namun masih berkaitan dengan brandmu, hal-hal semacam inilah yang perlu kamu perhatikan.

Posting Konten Video

Photo by KAL VISUALS on Unsplash

CEO Instagram menuturkan bahwa algoritma Instagram di tahun 2021 akan lebih memprioritaskan konten video seperti Reels dan IGTV. selain karena kebutuhan bisnis demi bersaing dengan TikTok, terbukti bahwa konten video di Instagram lebih banyak diminati dan menunjang Engagement Rate ketimbang konten foto.

Fakta yang sering terjadi, ketika kamu hanya memposting foto, biasanya audiens hanya mampir sebentar, kemudian berpindah ke postingan lain, atau malah pindah ke akun Instagram lain.

Dorong Audiens Untuk Berdiskusi

Tujuannya adalah untuk membuat pengikut berbicara di antara satu sama lain. Ada rasa yang terbangun setelah kamu mengajak mereka berdiskusi. Kamu bisa menggunakan kalimat persuasif untuk mengajak mereka berkomentar, atau dengan fitur QnA yang ada di instastory

Setelah kamu mendapatkan dua atau tiga komentar dan diskusi mulai berlangsung kamu bisa turut terlibat dalam memberi pendapat.

Riding The Wave

Ikuti arus, gunakan beberapa isu hangat untuk menjadi jembatan konten pemasaran brand mu. Selain karena mudah untuk dilakukan, beberapa orang tertarik untuk mengetahui isu terhangat dari beberapa brand sebagai pemantik mereka mengetahui isu apa yang sedang hangat.

Namun, berhati-hatilah. Tidak semua isu bisa kamu tunggangi sebagai jembatan pemasaran. Sesuaikan isu dengan citra yang telah kamu bangun pada brand mu. 

Kelola Audiens dan Buat Mereka Setia

Photo by Melanie Deziel on Unsplash

Yang satu ini mungkin sedikit sulit. Secara sederhana, aturannya adalah manjakan mereka. Bisa dengan mengajak audiens atau followers kamu untuk terlibat dalam konten-konten yang kamu ciptakan, baik berupa caption, siaran langsung di InstaStory atau IGTV, berbagi cerita, 

Atau bisa juga dengan kuis atau survey menggunakan fitur yang telah disediakan Instagram, juga berkomentar pada post pribadi mereka, dan sebagainya. Hal ini bisa kami jamin memperkuat ikatan antara brand mu dengan konsumen.

Gunakan Platform lain

Sebagian dari kita mungkin tak hebat dan besar dari instagram, mungkin ada beberapa orang yang hebat dan besar berangkat dari platform lain seperti TikTok dan Twitter. Ini bisa jadi celah untuk membuat perluasan jaringan bagi perkembangan bisnis kamu.

Bagikan pos Instagram kamu di profil TikTok atau Twitter kamu, karena followers di sana akan mewakili demografi yang berbeda dan akan memiliki lebih banyak pilihan komentar.

Selain 6 tips yang kami bagikan diatas, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan Engagement di Instagram. Kuncinya adalah memperlakukan audiens mu dengan perlakuan istimewa yang kamu sendiri ingin rasakan.