Apalah arti sebuah nama, begitulah kata pepatah. Apa benar begitu? Rasanya tidak. Pernahkah kamu menyadari bahwa banyak sekali komponen yang digunakan untuk merancang merek yang sukses — mulai dari beberapa wawasan penelitian hingga logo yang bagus? 

Namun, buat kami atau mungkin juga kamu, nama adalah hal pertama yang didengar orang ketika kamu memperkenalkan perusahaan kamu. Ya, kami meyakini hal ini, tapi ternyata tidak hanya itu, ada 4 alasan lain kenapa nama brand yang unik itu penting! Apa saja? Berikut lengkapnya

Identitas (Deskripsi Dari Produk Yang di Tawarkan)

Louis Vuiton - Inilah Mengapa Nama Brand Yang Unik itu Penting! - Kinaja
Photo by Unsplash/kyresong

Pernahkah kamu menemukan kawanmu yang memiliki kata Pratama Atau Dwi dalam nama mereka? Jika pernah, kamu sudah mulai mendapatkan poin nya. Kata Pratama atau Dwi yang ada dalam nama mereka disematkan oleh sang pemberi nama, dengan maksud mencirikan identitas mereka sebagai anak pertama dan kedua.

Sebagai pemilik brand, kamu adalah orang tua yang memberi anaknya. Memberikan nama yang unik dengan tujuan mendeskripsikan apa yang ingin kamu sampaikan dan berikan kepada khalayak umum. Juga, nama brand adalah sarana kamu bercerita secara singkat perihal apa yang ingin kamu tawarkan kepada calon konsumenmu.

Oase 

Apple - Inilah Mengapa Nama Brand Yang Unik itu Penting! - Kinaja
Photo by unsplash/medhatdawoud

Sekarang kita ganti Pratama dan Dwi dengan Rizky dalam nama kawanmu, biarkan kami bertanya. Ada berapa orang pemilik nama Rizky di Indonesia? Ratusan, Ribuan, atau mungkin lebih dari itu. Bandingkan dengan seseorang bernama Qobus. Sejauh yang kami tahu nama ini hanya di pakai oleh sedikit orang dan bahkan tidak ada sama sekali.

Dengan nama yang unik dan berbeda dari yang lain, Qobus akan lebih mudah dikenali ketimbang Rizky. Kamu perlu mengklasifikasikan dahulu Rizky yang kamu kenal yang mana.

Brand-mu pun sama, meskipun sedikit lebih berat ketimbang nama, kamu perlu membedakannya dengan kebanyakan pesaingmu atau bahkan menghindari penggunaan nama yang sudah eksis dan banyak dikenal masyarakat.

Kami rasa kamu tahu konsekuensi rumit dari memiliki nama yang sama dengan brand yang sudah eksis bahkan kompetitor produk yang kamu jajakan. Hal ini terjadi pada dua brand bernama Geprek Bensu yang berujung pada kisruh Brand yang dimenangkan Ayam Geprek Bensu milik Benny Sudjono.

Landasan Utama Brand

Lawson - Inilah Mengapa Nama Brand Yang Unik itu Penting! - Kinaja
Photo by unsplash/Matt Liu

Selanjutnya adalah landasan utama yang terkandung dalam nama brand kamu. Sebuah Brand memainkan peran besar dalam menciptakan bisnis yang sukses. Jika dilakukan dengan benar, Brand kamu akan mewakili tujuan bisnis kamu, apa yang kamu perjuangkan, dan bagaimana kamu berbeda dari pesaing. 

Jika kamu salah memberi nama, hal itu dapat memengaruhi persepsi Brand dan merusak pekerjaan yang kamu lakukan di bidang ini.

Magnet 

Merek Supreme - Inilah Mengapa Nama Brand Yang Unik itu Penting! - Kinaja
Photo by Unsplash/David Lezcano

Baik, untuk menjelaskan ini, kami akan mengambil dua contoh keripik yang mungkin pernah kamu dengar. Dua Keripik ini memiliki nama masing-masing, Zanana dan keripik pisang Bu Haji.

Jika kamu diharuskan memilih satu keripik hanya karena namanya, mana yang kira-kira akan kamu pilih kemudian? Kami amat yakin kamu akan memilih Zanana, alasan sederhananya jelas karena zanana terdengar lebih keren.

Tapi hal ini (zanana) membuat keripik pisang terdengar lebih berkelas dan menarik ketimbang keripik pisang Bu Haji yang terdengar biasa saja. Nama merek dapat membedakan kamu dari pesaing, atau dapat membuat Produkmu tersesat di antara banyak pilihan produk sejenis.

Kami menyadari bahwa Nama saja tak cukup untuk membuat produkmu terlihat ditengah keramaian. Diperlukan sarana promosi seperti logo, media sosial, maupun web sederhana untuk meyakinkan konsumen soal produkmu.

Bila kamu kesulitan, kinaja.id siap membantumu untuk mengembangkan itu semua. Baik desain logo, pengelolaan media sosial, sampai pembuatan web sekalipun.