Jika kami bilang “jaman ini bisnis kecil pun perlu strategi Promosi!”, apakah kamu sepakat dengan pernyataan tersebut? Jika tidak, tak mengapa. Beberapa orang merasa kesulitan dalam melakukan penjualan hari ini. Mereka yang dahulu menjual produk dalam lingkup kecil di sebuah daerah, kini dipaksa bersaing dengan mereka yang punya kesamaan produk yang dijual dari berbagai macam tempat. Internet memang mengagumkan.
Artinya, pernyataan kami diatas bisa dikatakan benar adanya. Kita dipaksa untuk menyiapkan strategi Promosi yang tepat untuk menjual setidaknya satu produk satu hari. Tapi sebentar, apa tanpa strategi Promosi produk kita bisa terjual lebih banyak ketimbang dengan strategi? Bisa, namun kamu perlu mengandalkan keberuntungan berpihak padamu.
Daripada bergantung pada keberuntungan, kami akan membantumu dengan memberikan tips meningkatkan penjualan yang sudah teruji dan diajarkan pada sekolah-sekolah bisnis di setiap negara. Apa saja itu? Simak selengkapnya dibawah ini
1. Media Sosial
Yang banyak dipakai dan sudah teruji, Social Media Marketing. Media sosial menjadi salah satu media paling efektif untuk melakukan Promosi karena hampir semua orang menggunakan akun media sosial di kehidupan sehari-hari.
ini merupakan cara sederhana yang pasti kamu bisa lakukan untuk meningkatkan penjualan produkmu. Kamu hanya perlu membuat satu atau dua media sosial dan mulai memasarkannya. Jangkauan yang luas ini bisa dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu tinggi karena pemakaian media sosial memang tidak dipungut biaya.
Juga, di media sosial tidak hanya berbicara soal bagaimana kita menjual produk, tetapi juga membantu membangun komunikasi dua arah dengan pelanggan di media sosial. Strategi ini membuat loyalitas konsumen lebih bertahan lama.
2. Diskon Dan Giveaway
Siapa yang tak suka Diskon dan Giveaway? Kami rasa tak ada yang bisa menghindari potongan harga atau undian barang secara cuma-cuma. Diskon selalu jadi jurus andalan pemilik bisnis menarik konsumen. Sebagian besar konsumen atau bahkan setiap orang di negara ini akan memutuskan untuk membeli ketika melihat label potongan harga tertera di produk.
Begitu Pula dengan Hadiah cuma-cuma. Kamu bisa memanfaatkan hadiah sebagai sarana untuk Promosi dan menarik konsumen. Kamu juga bisa menggunakan beberapa syarat dalam program giveaway untuk menunjang aktivitas brandingmu dan juga meningkatkan penjualan produkmu.
3. Menjadi Sponsor Event
Menjadi sponsor event boleh jadi adalah cara paling mahal yang akan kami berikan pada kamu. Meskipun begitu, kamu boleh menghitung berapa banyak skripsi mahasiswa pemasaran yang berkata bahwa sponsor event adalah sebuah cara yang sangat efektif untuk aktivitas branding dan meningkatkan penjualan produk.
Dengan menjadi sponsor, kamu dapat membuat produkmu lebih dikenal dengan memberikan produk sebagai doorprize atau memasang booth pada event tersebut. Keuntungan lainnya adalah MC event akan membacakan nama-nama sponsor berulang kali.
4. Word Of Mouth
Beberapa dari kamu mungkin tak asing dengan yang satu ini. Ya, Promosi klasik dari mulut ke mulut. Meskipun terdengar seperti berjualan dengan cara lama, cara ini terhitung masih efektif sampai hari ini.
Cara ini bukan hanya mengandalkan keberuntungan saja, kamu perlu meyakinkan konsumen mu bahwa produk mu adalah yang konsumen inginkan dan butuhkan. Sisanya, secara otomatis produkmu akan disampaikan dari mulut ke mulut konsumen lainnya.
Bagi kami, Strategi ini merupakan yang paling efektif karena ia adalah hilir dari beberapa strategi yang telah kami sediakan sebelumnya juga satu tips yang terakhir ini.
Dalam penerapan strategi ini, kamu perlu mempertimbangkan beberapa cara sebelumnya, juga cara yang satu ini. Kinaja, siap membantumu dalam melebarkan Word of mouth dengan 3 cara sebelumnya dan satu cara terakhir ini.
5. Membuat Iklan Yang Unik
- Membuat Iklan Yang Unik
Sedikit Lebih beda lebih baik, daripada sedikit lebih baik. Kurang lebih begitulah kata seorang pakar marketing bernama Seth Godin. Untuk muncul ke permukaan, produkmu harus memiliki penyampaian yang berbeda dari kebanyakan pesaingmu.
Iklan memberikan dampak kesadaran merek meningkat, inilah yang terjadi pada beberapa brand besar seperti Le Minerale, Ramayana, dan yang lainnya. Mereka membuat iklan yang unik, beda, dan mudah diterima di masyarakat. Hasilnya, peningkatan penjualan. Le minerale berhasil bersaing di pasar air mineral yang sebelumnya dikuasai aqua. Ramayana yang sempat tenggelam kembali ke permukaan.
Masalahnya, membuat iklan yang unik tidaklah mudah. Kamu perlu meriset pasarmu dan mencocokannya dengan visual dan psikologi yang lumayan rumit. Belum lagi distribusi yang juga sedikit merepotkan.
Ada cara lain untuk mempermudah membuat sebuah iklan dari awal sampai akhir. Dari perancangan ide sampai distribusi. Caranya adalah, kamu menyerahkan keinginanmu beriklan pada Production House yang kompeten. Salah satunya, Kinaja.id
Di Kinaja.id, kami bisa bantu kamu mengembangkan produksi iklan kamu. Dari proses perencanaan sampai eksekusi, yang kami pastikan bisa memancing Word Of Mouth Dari Audiens kamu.