Nama, adalah hal pertama yang dilihat oleh audiens dari Brand-mu. Dalam artikel kami soal pentingnya nama brand, kami telah menjabarkan mengapa nama brand yang unik begitu penting. 

Namun sebenarnya, unik saja tidak cukup. Ada beberapa hal yang hendaknya kamu perhatikan sebelum memberi brand-mu sebuah nama. Apa saja? Berikut kami sajikan, Tips Memilih nama brand yang unik untuk kamu, para perintis bisnis!

Mudah Diucapkan dan Diingat 

Ini Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Memilih Nama Brand - Kinaja 3
Photo :  Obi Onyeador on Unsplash

Sebuah brand yang bagus adalah yang mudah diucapkan, mudah juga diingat, serta bermakna baik. Alasannya jelas sangat sederhana, brand awareness. Manusia punya memori yang terbatas dalam mengingat jumlah suku kata yang dapat mereka ingat sebuah kalimat. 

Menggunakan satu sampai tiga suku kata bisa membantu mereka mengingat dengan baik nama brand-mu. Sehingga nama tersebut akan mudah diingat dan mudah dicerna oleh otak seseorang agar tidak mudah di lupa. Selain itu, nama ini juga harus mudah diucapkan.

Beda Dari Kompetitor 

Ini Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Memilih Nama Brand - Kinaja 2
Photo : Moises Gonzalez on Unsplash

Setiap dari konsumen kamu mengharapkan sesuatu yang bisa mereka ingat selain logo dan warna untuk mencirikan sesuatu yang mereka dapatkan dari brand-mu. Maka dari itu, mulai lah untuk memberikan nama yang unik dan berbeda dari kebanyakan kompetitor mu.

Bayangkan jika produk dan warna kemasanmu punya kesamaan dengan para kompetitor yang punya citarasa lebih buruk ketimbang produkmu. Karena nama yang mirip, mereka menganggap produk buruk ini milikmu, apakah ini hal yang menyenangkan? Tentu tidak sama sekali.

Maka dari itu kamu harus cermat sebelum memilih nama merek pada produk kamu. Salah satu contoh untuk mengeceknya adalah dengan menggunakan sebuah fasilitas yang berupa pencarian Google atau Instagram, untuk melihat nama apa saja yang sudah digunakan oleh perusahaan lain.

Singkat Padat Jelas

Ini Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Memilih Nama Brand - Kinaja 1
Photo: Carlos Macías on Unsplash

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan nama yang terlalu panjang. Adapun penggunaan kata dalam menentukan nama ini bisa satu sampai dua kata saja, seperti yang telah kami bahas di atas. 

Namun selain itu, kami sarankan untuk memberikan nama yang padat dan cukup jelas untuk menginformasikan produk pada konsumen. Sehingga pengenalan bisnis dalam masyarakat juga bisa menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, tidak perlu menjelaskan secara panjang lebar.

Bukan hanya itu, nama dari cerminan produk yang dipilih ini akan menjadi pengaruh yang besar terhadap target pasar dalam sebuah bisnis.

Dekat dengan Konsumen 

Photo : Yogya Group Official Website

Menciptakan kedekatan dengan konsumen menjadi sebuah syarat penting agar bisnis kamu berkembang di era ini. Sebuah brand yang bagus harus mampu mengeksplorasi emosi konsumennya dari sisi manapun.

Kamu bisa mulai dengan memilih nama yang mendeskripsikan produkmu dengan kedekatan target konsumenmu. Kamu bisa memilih nama yang mencirikan ke Indonesia-an dari brand-mu atau cita rasa lokal jika cakupan pasarmu masih dalam lingkup indonesia atau pasar lokal.