Rumah produksi (Inggris: production house, PH) adalah istilah umum dalam industri kreatif yang merujuk kepada perusahaan yang bergerak di bidang produksi karya-karya audio, visual, audiovisual, dan acara televisi atau radio sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku di suatu negara.
Definisi lain menurut Laksono, rumah produksi merupakan sebuah badan usaha yang mempunyai organisasi dan keahlian dalam memproduksi program-program audio dan audiovisual untuk disajikan kepada khalayak, baik secara langsung maupun melalui broadcasting house.
Production House (PH) juga mengelola informasi gerak atau statis di mana informasi yang didapat bersumber dari manusia ataupun peristiwa yg ada. Rumah produksi memiliki beberapa karakteristik yang berbeda dengan perusahaan lain, diantaranya masa kerja relatif 24 jam sehari, tidak bekerja berdasarkan birokrasi, aturan luwes, demokratis, kreatif, saling menghargai, saling percaya, dan saling pengertian di antara pimpinan dan pelaksana.
Nah, Kinaja.id sendiri, sebagai salah satu Production House yang fokus di bidang produksi digital, memiliki beberapa hal menarik nih. Coba kita bedah satu-satu, ya.
Sejarah Kinaja Sebagai Production House
Pada tahun 2016 sekumpulan lulusan mahasiswa dari beragam latar belakang pendidikan yang sering membicarakan mengenai bidang kreatif dan bagaimana cara menciptakan karya yang dapat memikat client. Sehingga di tahun 2020 baru dimulai proyek lepasan dan personal secara bersama-sama. Dan di bulan Januari 2021 akhirnya Kinaja sudah di bawah naungan PT. Ardiano Sinergi Kreatif, yang memiliki satu visi dan misi untuk mengembangkan Kinaja lebih jauh dengan membuat unit bisnis khusus bernama Kinaja.id yang memilih fokus terhadap industri kreatif diantaranya melalui videografis, web design, banner design dengan memiliki target perusahaan besar hingga instansi pemerintah. Hadirnya Kinaja juga dibentuk sebagai rumah produksi yang memiliki fokus terhadap branding, desain, pengembangan digital, dan produksi konten.
Arti Nama Kinaja
Arti dari Kinaja ini bermula dengan menggabungkan dua kata menjadi singkatan yaitu “BiKin Aja”. Katanya sih, ini bermula dari kebiasaan mahasiswa yang lebih sering berwacana daripada bertindak melakukan sesuatu yang nyata. Kebanyakan konsep, malah akan membuat manusia berputar dan berjalan di tempat tanpa menghasilkan suatu karya. Maka dari itu, nama Kinaja yang diambil dari “Bikin Aja”, seolah menjadi pengingat bahwa apa yang muncul di pikiran kita, tuangkan saja menjadi karya. Urusan bagus atau tidak, berguna atau tidak, bisa dibicarakan belakangan.
Harapannya, dengan nama tersebut, Kinaja.id selaku production house dapat terus menelurkan karya-karya yang mampu mengakomodir kreatifitas dari para pegawai serta kliennya.
Dibalik arti Logo
- Desain
Coba tebak, dari logo yang dimiliki Kinaja di atas, apa sih gambar yang tersirat dan bisa kamu tebak? Kupu-kupu? Kertas? Orang? Atau apa nih?
Yup, gambar dari logo tersebut adalah perlambangan siluet dua orang yang saling membelakangi, melambangkan visi yang mampu melihat arah berbeda, baik positif maupun negatif, demi keseimbangan ide dan pikiran di dalam tim. Kedua siluet tersebut tergambar secara vertikal, menunjukkan dinamika kreativitas dan tantangan yang bervariasi.
- Warna
Warna biru dominan yang terdapat pada logo menjadi perlambangan warna yang tenang. Ini dimaksudkan, karena dalam dunia kreatif, memang dipenuhi beragam dinamika, perubahan yang tiba-tiba, disertai kebutuhan yang mendesak, mengharuskan kita tetap tenang menghadapi berbagai situasi tersebut.
Lalu terkait dengan empat variasi warna biru pada logo, melambangkan empat arah mata angin untuk terus mengingatkan kita bahwa kreativitas dan ide bisa didapatkan dari berbagai perspektif. Kadang, kita bisa dapat ide dan gagasan baru tak hanya di kantor, melainkan di tempat-tempat yang tak terduga.
Ayo ngacung, siapa yang sering dapat ide dan gagasan baru bahkan saat merenung buat hajat di toilet?
Nah, sudah kamu baca semua ya ketiganya. Dari ketiga hal tersebut, semoga dapat berguna, menginspirasi, dan menjadi ilmu yang bermanfaat setelah membaca artikel mengenai sejarah, arti logo dan nama kinaja.
Oh iya, coba lihat juga dong portofolio dan artikel hasil proyek yang sudah dibuat oleh kinaja dengan berbagai macam kategori yang membahas desain, branding, marketing, film, videografi dan yang lainnya, berikut website dari kinaja.id.