SEO off-page merupakan salah satu strategi SEO yang mengacu pada aktivitas pengoptimalan yang dilakukan di luar situs web kamu. Jika kamu ingin meningkatkan brand awareness dan ingin meningkatkan traffic situs web secara organik, kamu butuh untuk memaksimalkan SEO off-page. Terdapat dua alasan mengapa pengunjung melakukan klik pada halam suatu situs web; pertama karena untuk menemukan informasi (query informational), kedua karena untuk menemukan informasi dan melakukan transaksi atau pembelian (query komersial).
Dari kedua alasan tersebut, maka penting bagi kamu untuk memberlakukan keduanya dalam situs web kamu dimana pengunjung akan memiliki potensi sebagai pelanggan pula. Seperti yang telah dijelaskan di artikel sebelumnya mengenai SEO on-page yang berkaitan dengan tautan internal, pemformatan, tag ALT, dan sebagainya. Sedangkan memiliki perbedaan lingkup dengan SEO off-page.
Pengertian dan Strategi SEO Off-Page
Selanjutnya kita akan membahas mengenai pengertian atau konsep mengenai SEO off-page dan dilanjutkan dengan strategi berupa langkah-langkah pengoptimalan SEO off-page agar traffic situs web kamu tinggi.
Pengertian SEO Off-Page
SEO off-page merupakan salah satu strategi SEO yang mengacu pada aktivitas pengoptimalan yang dilakukan di luar situs web kamu. Berikut merupakan contoh-contoh bentuk SEO off-page diantaranya adalah pemasaran media sosial, pemasaran melalui influencer, penyebutan (langsung dan tidak langsung), blogging tamu, dan bentuk-bentuk lainnya yang di luar hubungan dari situs web.
Dengan menerapkan teknik SEO off-page yang berkualitas berarti kamu mencoba membuktikan kepada pengunjung dan mesin pencarian bahwa situs web kamu dipercaya, autentik, relevan dan berpeluang menjadi industri populer.
Strategi-Strategi SEO Off-Page
Setelah memahami konsep SEO off-page secara umum pada penjelasan di atas, maka selanjutnya adalah kita akan membahas tentang strategi-strategi SEO off-page yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan traffic situs web kamu.
Dilansir melalui artikel blog Cognitive SEO terdapat beberapa langkah agar SEO off-page kamu maksimal, diantaranya adalah sebagai berikut:
- Link Building
Teknik pemasaran terpopuler salah satunya adalah penggunaan link. Hal ini tetap memperhatikan konten yang kamu buat, karena Google telah menyarankan menggunakan konten yang telah terbukti paling ampuh.
Tautan atau link sendiri dibedakan menjadi tiga jenis, diantaranya adalah tautan alami, tautan manual, dan tautan yang dibuat sendiri. Langkah yang paling efisien adalah membuat suatu konten berkualitas yang layak untuk ditautkan, dan tautan akan datang secara alami.
- The Power Media Sosial
Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok merupakan beberapa contoh kekuatan media sosial yang menduduki peringkat teratas. Marketer memanfaatkan platform media sosial tersebut sebagai tempat bermain terbaik untuk membangun brand awareness.
Ada beberapa tips untuk mengaktifkan media sosial bisnis kamu diantaranya adalah bersikap responsif, menggandeng ahli pemasaran di media sosial, dan terus memantau reputasi bisnis kamu.
- Bangun Kepercayaan
Salah satu cara untuk membangun sebuah kepercayaan terhadap pelanggan adalah memastikan kamu mendapat ulasan bisnis. Penting untuk memberitahu mereka tentang bagaimana dan mengapa penting mereka memerlukan pendapat tentang layanan kamu, semua diungkapkan di publik. Semakin banyak pelanggan yang memberi ulasan baik maka branding bisnismu juga akan baik.
- Video dan Gambar
Bentuk visualisasi sekarang sangat banyak disukai orang-orang karena lebih atraktif, tidak membosankan, dan juga dapat menghibur. SEO off-page atau SEO di luar situs memiliki tujuan untuk mendapatkan perhatian khusus dengan halaman konten kamu. Dengan menampilkan video dan gambar lebih ampuh dalam mendapatkan like, comment, and share.
- Influencer
Mulailah terhubung dengan para influencer yang akan membagikan konten kamu, dan jika bisa maka kamu memenangkan hubungan dengan mereka. Penggunaan influencer sebagai media promosi, maka produk kamu akan lebih dikenal karena dibagikan melalui postingan media sosial mereka. Cara ini secara tidak langsung ampuh dalam proses pengenalan brand.
Nah, berikut merupakan penjelasan mengenai SEO off-page, jika kamu ingin mempelajari strategi SEO lainnya seperti SEO on-page kamu dapat membacanya di artikel blog kami lainnya. Semoga bermanfaat!