Photo by cnnindonesia.com

Gojek merupakan salah satu layanan transportasi ojek online yang namanya sudah dikenal oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Dibentuk di Indonesia pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim selaku menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Ojek online yang memiliki slogan “Pasti Ada Jalan” ini terus melakukan inovasi dan perkembangan pada bisnisnya, sehingga membuat mereka semakin terkenal dan menjadi pilihan masyarakat untuk menggunakan layanannya. Seiring berjalannya waktu, fitur-fitur pada aplikasinya pun bertambah banyak, seperti GoMed, GoMart, GoShop, GoMall, GoBluebird, GoInvestasi, GoGive, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membuat masyarakat semakin nyaman menggunakan aplikasi ojek online ini.

Lalu, sebenarnya apa sih strategi yang bikin bisnisnya bisa melesat kencang? Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

1. Gojek Fokus Memperluas Target Pasar

Photo by Screenshot on Gojek Apps

Dulu Gojek hanya menjadi penyedia layanan untuk mereka yang tidak memiliki kendaraan, sekarang ojek online ini menyediakan banyak sekali fitur-fitur yang memanjakan penggunanya untuk bebas memilih layanan sesuai kebutuhan. Mereka juga menargetkan banyak kalangan untuk menjadi konsumen mereka. Sekarang tidak hanya digunakan untuk memesan kendaraan, namun bisa untuk memesan makanan, tiket nonton bioskop, bahkan membayar asuransi kesehatan, dan masih banyak lainnya.

Dan salah satu fitur dalam aplikasinya yaitu GoPay, yang menjadi fitur andalan untuk melakukan transaksi pembayaran secara digital, tentunya hal ini akan memudahkan konsumen.

2. Gojek Bikin Inovasi yang Fresh

Photo by Screenshot on Gojek Indonesia 

Gojek terus menciptakan hal baru dan kreatif, seperti fitur game “Suwit” pada aplikasinya dan pastinya kamu sering lihat dong, iklan-iklannya yang sering muncul di YouTube atau di televisi. Iklan promosinya sangat menarik perhatian karena selalu menghadirkan hal-hal yang “relate” dan kreatif. Dari iklan promosi kreatif tersebut, bahkan pernah mendapatkan penghargaan Best Storytelling atau Iklan Cerita Terbaik untuk layanan logistik GoSend pada kampanye #CepetanGoSendInstant di YouTube Works Awards 2022.

Sebagai layanan transportasi online terus menciptakan brand awareness kepada audiens untuk menggunakan layanannya, dan bersaing sehat dengan brand ojek online lainnya.

 3. Memberikan Harga Pasti

Photo by Edi Kurniawan on Unsplash

Penetapan harga menjadi salah satu hal penting bagi sebuah merek, karena hal itu akan menjadi penentu seberapa jauhnya konsumen menilai sebuah layanan jasa transportasi online. Hal itu juga yang menjadi penentu dari adanya proses pembangunan citra dan brand awareness.

Mereka juga menetapkan tarif yang terjangkau dari berbagai layanannya. Penentuan harga juga memberikan adanya persepsi dari segi kualitas. Hal tersebut yang membuat konsumen ojek biasa beralih ke Gojek.

4. Gojek Fokus Pada Kenyamanan Konsumen

Photo by greennetwork.id

Sebagai produk layanan masyarakat, pastinya setiap brand berlomba-lomba memfokuskan untuk membuat konsumennya betah menggunakan layanan mereka. Gojek fokus pada pengalaman dan perjalanan konsumennya untuk lebih mudah memahami kebutuhan, harapan, dan keinginan para konsumennya.

Di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini, Gojek memberikan perlindungan dengan menyediakan pembatas antara pengemudi dan penumpang Gocar agar tidak terjadi kontak fisik, artinya pihak mereka sangat memperhatikan kenyamanan bagi para konsumennya.

5. Fokus Pada Perbaikan dan Lebih Peka Terhadap Kebutuhan Pasar

Photo by John Schnobrich on Unsplash 

Seiring berjalannya waktu, Gojek tidak hanya menawarkan jasa pengantar saja, namun sekarang telah menghadirkan beberapa fitur dan layanan baru di dalamnya untuk memudahkan kebutuhan para konsumennya. Tidak heran jika saat ini aplikasinya telah diunduh 100 juta orang lebih untuk menikmati layanan yang mereka tawarkan.

Strategi lain dari ojek online ini yaitu belajar untuk lebih peka terhadap kebutuhan pasar. Dalam hal ini, peran business owner sangat penting dan diperlukan untuk menentukan arah perusahaan. Hal itu tentu akan memperlihatkan secara jelas arah perusahaan akan bergerak ke arah yang lebih signifikan.

—–

Nah, teman-teman Kinaja, sekarang kamu udah tau kan apa aja strategi marketing dari Gojek dalam menjalankan bisnisnya. Sekarang giliranmu untuk mengembangkan bisnis kamu!

Semangat ya, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Oh iya, untuk kamu yang mau mulai bisnis kecil-kecilan, bisa baca artikel terkait di sini, ya!

REFERENSI: