Terkadang desain poster ada di bioskop dan billboard yang berisi iklan dengan bisa dilihat secara langsung. Tetapi bagaimana sih caranya agar poster dapat menarik dan informatif? Nah berikut 8 cara membuat desain poster film. Mari kita simak bersama.
Mengidentifikasi tujuan dalam membuat desain poster
Dengan memahami tujuan utama dalam membuat poster sejak awal, teman-teman dapat mempermudah pilihan desain dalam membuat poster. Selain itu, jika tujuan poster ingin membuat orang menghadiri konferensi, maka poster harus dirancang secara strategis untuk membantu dalam mencapai tujuan tersebut. Misal, jadwal, lokasi, dan bintang tamu harus tertera dengan jelas.
Pertimbangkan target audiensnya
Mengapa harus mempertimbangkan audiens? Nah,ini sangat penting bagi pembuat poster untuk mempertimbangkan siapa subjek yang ingin dijangkau. Pertama-tama bila ingin membuat poster film atau brand, jelas harus mengetahui kira-kira akan menarik perhatian ke siapa? Apakah ke anak-anak muda, orang tua, atau anak kecil? Setelah itu tentukan tata letak, warna, dan desain yang disesuaikan dari golongan yang sudah dipilih. Dalam mendesain warna juga perlu ditentukan akan memilih warna-warna seperti apa yang sesuai tema, contoh warna yang dipilih earth tone atau warna bumi diantaranya warna hijau, biru, coklat dan yang lainnya itu dapat dijelaskan lagi kira-kira warna earth tone itu cerah atau gelap.
Selanjutnya, desain poster juga dapat mempertimbangkan jenis-jenis font tebal, sehingga orang akan tahu bahwa poster itu ditujukkan untuk siapa yang sesuai dengan golongan.
Tentukan dimana lokasi penempatan poster
Langkah ketiga ini sangat penting untuk mengetahui akan ditempatkan dimana hasil desain posternya sebelum memulai proses desain.
Melalui cara ini teman-teman perlu merencanakan cetak poster, diantaranya ada beberapa pedoman yang harus diingat:
- Visualisasikan dimana akan memasang poster
Jika ingin meletakkan poster di dinding bersama dengan poster lainnya, cetak
poster film atau brand pada billboard relatif kosong dengan ukuran yang lebih kecil dan juga lebih besar.
- Pilih ukuran kertas yang sesuai kebutuhan
bila poster akan ditempel di dinding, cetaklah dengan kertas printer standar ISO A1-A5. Tetapi jika ingin menempel kertas di billboard bisa dengan kertas flexi.
- Atur tanda “bleed” untuk percetakan
sebutan dari bleed adalah objek yang memiliki jarak tepi halaman pada kertas saat mencetak. Saat anda mendesain poster dengan gambar yang rata dengan tepi poster, printer itu akan secara otomatis meninggalkan garis putih tipis di sekitar tepi kertas.
- Mengoptimalkan poster melalui media sosial
Melalui cara ini, dengan optimalkan kesempatan dalam membuat poster melalui media sosial yang pertama perkirakan akan membuat beberapa versi poster berbeda untuk platform yang berbeda. Agar terkesan orang yang melihat jadi ikut penasaran.
Mulai dengan template poster yang sudah jadi
Di bagian ini cara menggunakan template yang sudah jadi. Bila teman-teman pernah berpengalaman dalam bidang desain, mendesain poster sendiri akan sedikit sulit. Akan lebih baik bila menggunakan template poster yang sudah tersedia di internet.
Usahakan mencari template itu dapat membantu mengkomunikasikan tujuan dari poster. Cari template yang sesuai dengan tema poster atau memiliki tata letak yang tepat.
Pilih kira-kira skema apa yang cocok
Melalui cara ini, teman-teman dapat memilih skema warna yang lebih relevan. Salah satu hal pertama yang dapat diperhatikan saat orang melihat poster biasanya skema warna. Lalu apa skema warna? Skema warna adalah penggabung dua warna atau lebih yang berbeda dalam sebuah komposisi.
Lalu kegunaan skema warna ini contohnya seperti, bila membuat poster acara musim dingin maka skema warnanya ada hijau hangat, merah dan putih yang dapat membangkitkan suasana liburan. Namun bila ada perusahaan yang memiliki pedoman merek yang ketat perlu diikuti juga untuk memasukkan warna merek ke dalam desain poster.
Sertakan ajakan untuk bertindak atau Call to Action
Dengan menggunakan kalimat ajakan ini dapat mengambil perhatian orang. Melalui pembuatan posternya dapat melanjutkan langkah dengan mengenal ajakan bertindak atau Call to Action (CTA).
Menggunakan hirarki informasi
Dimaksud dengan hirarki informasi yang disertakan di poster, bergantung pada tujuan dari poster. Namun jika membuat poster yang cukup sederhana, cara mengikuti yang terbaiknya adalah dengan mengikuti hirarki informasi. Contoh bila membuat poster film, informasi dalam poster itu harus ada bacaan judul film, nama pemain utama, nama pemain pendukung, dari production house apa? Nama sutradara, nama pembuat film, logo sponsor, logo partnership, tanggal tayang film.
Menggunakan ikon
Di bagian akhir ini, cara dalam membuat poster juga menggunakan ikon untuk memvisualisasikan konsep dalam desain poster. Ikon yang dimaksud ini simbol yang digunakan dalam desain untuk merepresentasikan konsep. Lalu ikon adalah cara untuk menyempurnakan desain poster. Kegunaannya untuk menjelaskan tujuan atau kasus tertentu untuk mengganti teks.
Pada ikon ini juga bagus untuk menggambarkan ide dengan cepat, Atau bisa menjadikan ikon sebagai ikon titik fokus utama dalam membuat desain. Berikut tips penggunaan ikon:
- Pilihlah ikon dengan gaya yang konsisten (bisa ketebalan garis, datar atau bergambar, seni garis).
- Gunakan ikon dengan hemat dan berikan banyak ruang kosong dalam desain.
- Dapat menambahkan bingkai sederhana atau bentuk latar belakang ikon anda mau seperti apa.
- Mengganti teks dengan ikon dengan arti yang jelas.
Melalui adanya artikel ini, semoga teman-teman mengetahui cara mendesain poster agar menarik dan informatif. Serta menambah wawasan baru untuk mengenali tentang desain poster.