Kamu pasti sering sekali menemui brosur yang bertebaran dimana-mana yang isinya menjual dan memasarkan sebuah produk. Biasanya, tanpa pikir panjang seseorang tidak akan tertarik menerima atau bahkan melihatnya jika sekilas saja desain brosur terlihat biasa saja dan membosankan. Desain yang terlihat kuno dan tidak menarik tentu menjadi masalah yang sangat serius. Produk yang tadinya dinilai baik akan menjadi buruk akibat desain yang tidak mampu menjual. Hal itu jelas membuat produk yang ingin kamu pasarkan tidak akan mencapai target yang telah kamu tetapkan sebelumnya. Selain itu, calon konsumen yang telah kamu bidik tidak akan membeli atau bahkan mencoba produkmu. Apalagi brosur saat ini tidak lagi terlalu sering digunakan oleh perusahaan karena adanya media online yang mampu memasarkan produk dengan sangat cepat. 

Lantas, mengapa brosur masih sangat digandrungi di beberapa perusahaan ternama di Indonesia? Sebab brosur ternyata masih sangat efektif dan memiliki keunggulan yang lebih dibanding digital marketing. Memasarkan produk lewat digital pasti membutuhkan usaha yang lebih besar dibanding dengan menyebarkan brosur. Selain itu, butuh waktu yang tidak sebentar untuk menjangkau calon konsumen karena banyaknya kompetitor yang sudah beralih ke digital marketing.

Keunggulan yang dimiliki brosur diantaranya kemudahan dalam menempatkan brosur pada berbagai macam lokasi, waktu yang dibutuhkan relatif singkat dibandingkan digital marketing, dan masih banyak lagi. Itu mengapa brosur tetap dianggap efektif dan beberapa perusahaan enggan untuk meninggalkannya. 

Photo: Erika Giraud on Unsplash

Kembali pada pertanyaan lalu bagaimana membuat brosur tetap dilirik dan tidak diabaikan oleh publik? Jawabannya adalah dengan membuat desain yang menarik dan tidak ketinggalan zaman. Desain yang menarik dalam artian mampu mengajak calon konsumen untuk mencoba atau menggunakan produk yang ditawarkan. Hal ini menjadi penting karena banyak perusahaan yang menganggap desain menjadi hal yang sepele untuk diperhatikan.  Padahal, desain menjadi komponen yang paling utama dalam menunjukkan seberapa kuat produkmu dibanding kompetitor sejenis. 

Makna ketinggalan zaman diartikan sebagai desain brosur yang kuno dan terlihat monoton. Di zaman yang serba digital saat ini, orang-orang semakin tidak tertarik dengan desain yang kaku dan tidak mengikuti trend. Untuk itu, penting sekali buat kamu semakin berinovasi dalam membuat desain brosur yang bagus dan menarik untuk dilihat. 

Bagaimana caranya? Mungkin tips yang akan Kinaja berikan di bawah ini bisa bantu kamu menemukan jawaban dalam menciptakan desain brosur yang tidak ketinggalan zaman. Namun sebelum dimulai, kamu harus paham bahwa tips-tips ini tentunya berhubungan dengan kemampuan dan keinginanmu untuk mengganti desain pada brosurmu. Kemampuan dalam mendesain sangat dibutuhkan jika kamu ingin menciptakan desain brosur yang menarik. Sama halnya dengan niat maupun keinginan. Kedua hal ini menjadi penting dalam membantumu mengembangkan diri. Bahkan jika kamu tidak memiliki kemampuan namun keinginanmu untuk terus belajar kuat, maka kamu akan dengan mudah berinovasi pada desain brosurmu. Jika kamu tidak memiliki kemampuan dan niat untuk berinovasi, tips ini tentu tidak akan berguna. Jadi, sebelum kamu menerapkan tips ini, berpikirlah terlebih dahulu dan kembali asah kemampuanmu dalam mendesain brosur. Selamat mencoba!

Photo: Khanh Tu Nguyen Huy on Unsplash

1. Menjadi kreatif dan unik

Tips yang paling utama harus kamu miliki dalam membuat desain brosur adalah harus kreatif dan unik. Kamu sangat dituntut untuk berpikir kreatif dan unik karena era digital yang terjadi saat ini tidak lagi mengandalkan pikiran yang kuno dan ketinggalan zaman. Pikiran kuno adalah ketika kamu membuat brosur yang hampir mirip dengan koran atau majalah dengan tidak ada keseimbangan tulisan dan gambar di dalamnya. Dengan kamu menampilkan tulisan yang lebih banyak dari gambar atau sebaliknya, maka calon konsumen tidak akan tertarik karena bosan melihatnya. Kamu bisa mulai memikirkan ide-ide kreatif yang harus kamu terapkan pada desain brosurmu. Buatlah desain yang baru setiap peluncuran produk agar konsumen dan calon konsumenmu tertarik untuk mencoba produk baru yang ditawarkan. 

Selain itu, keunikan menjadi poin penting yang tidak bisa kamu lewatkan. Keunikan diartikan sebagai desain brosur yang original dan tidak pernah diterapkan pada brosur-brosur lainnya. Untuk itu kreatif dan unik tentu harus berjalan beriringan agar desain pada brosurmu agar dapat menarik minat konsumen.

2. Sertakan gambar yang menarik dan sesuai

Tips yang kedua adalah kamu harus menyertakan gambar yang sesuai dan menarik untuk dilihat konsumen. Kamu pasti tahu bahwa konsumen maupun calon konsumen cenderung lebih tertarik jika melihat sesuatu yang indah dan menyenangkan. Itulah alasan mengapa gambar yang kamu sertakan pada brosur harus terlihat indah dan tidak monoton. Indah dan tidak monoton tidak selamanya hanya dimiliki iklan komersial atau video saja. Bahkan pada brosur yang dianggap sudah ketinggalan pun kamu tetap bisa berkreasi. Kamu pasti tahu terkadang desain pada brosur hanya menonjolkan produk asli yang ingin dipasarkan tanpa menambahkan desain ornamen dalam gambarnya. Untuk itulah kamu harus mulai melakukan inovasi agar brosurmu dapat dilirik calon konsumen. Tambahkan sedikit demi sedikit kreatifitas pada gambar yang kamu tonjolkan. Jangan hanya mengandalkan gambar produk asli saja tetapi kamu bisa tambahkan ornamen desain di dalamnya. Caranya, kamu bisa mulai menyertakan gambar yang sesuai dan relevan dengan tema utama brosurmu. Lalu tak lupa juga, gambar yang kamu sertakan haruslah gambar produk yang berwarna dan ditambah dengan ornamen yang indah agar calon konsumen yang melihatnya segera tertarik dengan produkmu. 

Photo: Bundo Kim on Unsplash

3. Desain minimalis namun tetap informatif

Selanjutnya adalah cobalah membuat desain brosur yang tidak ramai konten seperti gambar maupun informasi yang tertera. Pikirkan kembali bahwa yang harus kamu buat adalah brosur bukan koran yang seluruh kertas harus diisi penuh oleh gambar dan tulisan. Lihat pula keseimbangan antara gambar dan informasi yang kamu tampilkan pada brosur. Pastikan Informasi yang kamu tampilkan tidak lebih banyak dari gambarnya, begitupun dengan gambar yang tidak lebih banyak dari informasinya.

Untuk itu, buatlah gambar dan informasi yang sesingkat mungkin namun tetap bisa menjelaskn dan sampai pada keinginan calon konsumen membeli produkmu. Jika kamu merasa terlalu banyak informasi penting yang harus dimuat, kamu bisa coba arahkan mereka untuk menghubungi call center perusahaanmu untuk mendapatkan informasi tambahan dari brosur. 

4. Cobalah menjadi konsumen

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah cobalah menjadi konsumen dengan melihat sendiri hasil brosur yang telah kamu desain. Tempatkan dirimu sebagai calon konsumen yang sedang melihat brosur yang ditawarkan sebuah perusahaan. Amati sendiri apakah brosur yang kamu lihat mengundangmu untuk mencoba produk yang ada pada brosur. Setelah kamu melihatnya, mulailah mencari kesalahan apa saja yang ada pada brosur dan kesalahan tersebut berpotensi tidak menarik minat calon konsumen. Itulah yang harus segera kamu perbaiki sebelum menurunkannya kepada calon konsumen. Kamu juga bisa loh menambahkan desain yang menurutmu menjadi salah satu pertimbangan calon konsumen untuk membeli produk.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan pada perusahaan saat ingin menyebarkan brosur. Ingat bahwa desain sangat penting dalam menarik konsumen untuk mengenal produkmu lebih dalam. Ini berlaku bukan hanya pada brosur saja, pemasaran yang dilakukan lewat digital pun sangat penting untuk memperhatikan desain. Untuk itu mulailah memikirkan cara-cara dan ide baru dalam menerapkan desain pada perusahaanmu. Memiliki kemampuan selalu berpikir baru sangat dibutuhkan dalam menciptakan desain yang menarik.

Namun jika kamu tidak punya pilihan lain untuk segera membuatkan desain pada pemasaran produkmu, Kinaja siap membantu! Mulai dari desain pada digital marketing perusahaanmu maupun media pemasaran lainnya siap dibantu di Kinaja. Kinaja adalah salah satu creative house yang telah mengerjakan banyak sekali project keren yang bisa kamu kunjungi sekarang! Untuk itu jangan ragu, segala urusan desain dalam perusahaanmu akan dibantu buatkan oleh tangan-tangan profesional yang ada di Kinaja, loh. Jadi kamu tidak perlu khawatir dan tidak perlu berpikir keras untuk menciptakan desain pada perusahaanmu, karena ada Kinaja yang siap membantu! Yuk, kunjungi sekarang!

Sumber: www.ilitho.co.id, jagodesain.com, and glints.com