Photo by Austin Distel on Unsplash

Membangun usaha apapun, termasuk dalam membangun sebuah Creative Production House, sudah tentu harus memikirkan siapa target pasar yang akan menjadi konsumen utama dari jasa atau produk yang ditawarkan. Kinaja, adalah salah satu Creative production house yang berkaitan dengan industri kreatif, dengan ragam kegiatan produksi seperti pembuatan videografis, animasi, web design, banner design, dan lainnya. Kinaja.id, secara umum tidak menargetkan pangsa pasar individual secara langsung alias B2C (Business to Consumer), melainkan fokus pada kegiatan B2B (Business to Business). Apa saja pangsa pasar B2B dari Kinaja.id? Check this out:

1.  Target Pasar Big Company 

Dalam target yang dibangun oleh kinaja sebagai Creative production house memerlukan capaian untuk menghasilkan keuntungan dalam mengembangkan bisnis salah satunya memperluas jaringannya di perusahaan besar. Contohnya seperti perusahaan yang sudah multinasional dan perusahaan asing. Beberapa nama perusahaan besar yang sudah pernah menjadi klien Kinaja.id seperti Dexa Medica, CISDI, , Hutama Karya – HIB KSO, hingga media nasional seperti Tempo.

2.  Target Pasar Dengan NGO & GO 

Kinaja juga memiliki target fokus kepada client seperti organisasi non-pemerintah yang biasa disebut NGO (Non-Government Organization), serta organisasi atau instansi pemerintahan atau yang biasa disebut GO (Government Organization). Beberapa klien dari NGO & GO yang pernah bekerjasama dengan Kinaja.id seperti Kepolisian Republik Indonesia, Badan Intelijen Negara, hingga NGO lainnya. Hasil yang dibuat oleh kinaja.id diantaranya ada video 3D Arsitektur, motion graphic 2D dan interactive multimedia. 

3.  Target Terhadap Personal Project 

Nah, meski target pasar Kinaja.id yang utama adalah B2B, namun terkadang juga membuka pintu untuk menerima beberapa personal project. Salah satunya kinaja.id dapat membuat desain atau video kompetisi, voice over project, dan proyek lain yang berkaitan dengan desain kreatif. Hasil yang dibuat oleh kinaja.id dapat dilihat di website kinaja.id.

4.  Target Pasar Terhadap Australian Agency 

Photo by https://kursuswebdesign.org/ Dumet School 

Dan bagan terakhir pada business to business di kinaja juga mengarah terhadap desain html banner, dalam pembuatan desain ini diperlukan pembuatan HTML yang panjang dengan kode-kode huruf khusus yang di buat. Proyek ini khusus dikerjakan dengan salah satu Digital Agency di Australia.

Dari adanya keempat penjelasan di atas, semoga teman-teman mengetahui adanya target pasar pada kinaja. Jika kalian adalah salah satunya, cobalah ketuk email kami jika butuh bantuan dalam membuat sesuatu untuk mengembangkan bisnismu. Beberapa proyek kami dengan klien-klien di atas dapat kamu lihat di sini: Portfolio Kinaja.id